Pasar Muamalah Sungai Andai, Media Transaksi Dinar dan Dirham

Pasar Muamalah Sungai Andai, Media Transaksi Dinar dan Dirham

BANJARMASIN, MK - Transaksi menggunakan koin dinar emas dan dirham perak, kini mulai gencar disosialisasikan komunitas pecinta dinar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Satu di antaranya melalui Pasar Muamalah yang berada di area Masjid Ar Rahmah Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Berbagai jenis barang dagangan dijual, dengan pembayaran menggunakan dinar dan dirham.
Menurut Koordinator Wakala Al Banjary, Mas Akhmad Kusmayadi, Minggu (2/2/2020), Pasar Muamalah di area Masjid Ar Rahmah ini digelar setiap satu bulan sekali.
"Ini berdasar kesiapan komunitas," jelasnya.
Akhmad mengatakan, sementara ini Pasar Muamalah masih digelar di area Masjid Ar Rahmah. Ke depan, tak menutup kemungkinan juga dibuka di lokasi lain, tergantung permintaan dan kesiapan.
"Memang ada yang usul dibuka juga di kawasan siring Menara Pandang. Tapi itu kita lihat nanti, dan memang sudah diajukan permintaan izinnya," terangnya.
Sebelumnya, lanjut Akhmad, Pasar Muamalah sempat digelar di beberapa lokasi lain di Banjarmasin. "Kemarin berpindah-pindah, sebab tak ada lokasi tetap. Sekarang diizinkan pengelola di Masjid Ar Rahmah," imbuhnya.
Untuk Pasar Muamalah di Masjid Ar Rahmah ini berada di bawah naungan Amirat Nusantara, binaan Zaim Saidi.[anshari]

Lebih baru Lebih lama