Koordinasi Pelatihan 2020, BBPP Binuang Rangkul UPT Pelatihan Provinsi

Koordinasi Pelatihan 2020, BBPP Binuang Rangkul UPT Pelatihan Provinsi

YOGYAKARTA, MK - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), melalui Pusat Pelatihan Pertanian memfasilitasi pertemuan koordinasi antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Pertanian Pusat dengan UPT Pelatihan Pertanian Provinsi.
Pertemuan ini dilaksanakan selama tiga hari, 13 hingga 15 Februari 2020 di Indoluxe Hotel Yogyakarta. Hadir dalam kegiatan ini Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si didampingi Kasie Program dan Kerjasama, Agus Sumantri SP.
Pembukaan dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Ir Bustanul Arifin Caya MDM beserta jajaran Pusat Pelatihan Pertanian Jakarta.
Dalam sambutan pembukaan, Kepala BBPSDMP Prof Dr Ir Dedy Nursyamsi M.Agr tidak henti-hentinya mengingatkan dan memberi semangat untuk menyukseskan program Menteri Pertanian, Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MA, yaitu Program Kostratani.
Kostratani secara umum merupakan program memberdayakan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Kecamatan agar kinerja BPP meningkat dan terarah. 
"Terbukti pada masanya BPP dapat mempertahankan kesediaan pangan indonesia," terang Dedy.
Dedy memaparkan, gerakan Kostratani memiliki lima poin. Pertama, BPP merupakan pusat data dan informasi. Kemudian kedua, BBP sebagai pusat gerakan pemberdayaan pertanian. Selanjutnya ketiga, pusat pembelajaran. Keempat, sebagai pusat konsultasi agribisnis. Kelima, sebagai pusat pengembangan jejaring kemitraan.
Kepala Bidang Program dan Kerjasama Puslatan, Ramadani Saputra ST MEP mengisyaratkan penambahan volume target kegiatan pelatihan masing-masing UPT Pelatihan Pusat khusus Program Pelatihan Kostratani. 
"Segera Kepala UPT Pelatihan Pusat mempersiapkan kegiatan Pelatihan mendukung Kostratani," tutur Dani.
Dalam pertemuan ini, Kepala BBPP Binuang Dr Yulia mengkoordinir UPT Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat untuk menyiapkan kegiatan pengembangan SDM pertanian untuk mendukung Program Kostratani di wilayah kerja masing-masing UPT Pelatihan Provinsi Kaltim dan Provinsi Kalbar.
UPT Pelatihan Kalbar diwakili Kasi Bimbingan dan Pengembangan Sumberdaya Aparatur Pertanian, Hendra Yuda SP dan UPT Pelatihan Kaltim diwakili Kasie Diklat dan Pengembangan SDM, Ir Mursida M.Si
"Laksanakan pelatihan Trainer Of Training (TOT) dengan menggunakan anggaran DIPA BBPP Binuang Tahun 2020," tegas Yulia.
Menurut Yulia, UPT Pelatihan Provinsi segera bergerak mencari data BPP yang ditunjuk sebagai pelaksana Kostratani di Dinas Pertanian masing-masing provinsi, untuk selanjutnya segera menyiapkan CPCL penyuluh yang akan diikutkan TOT Kostratani.
"Agenda Pelatihan TOT Kostratani di jadwalkan minggu ke-2 bulan Maret 2020, dilaksanakan di UPT Pelatihan Provinsi," imbuhnya. 
Selain itu, Yulia memberikan arahan untuk menghimpun data CPCL petani milenial untuk dijadikan P4S dan peluang komoditi eksport di wilayah kerja masing-masing UPT.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama