Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana, Ini Kata Umi

Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana, Ini Kata Umi

PALANGKA RAYA, MK - Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Emy Abriani menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana Penanggulangan Bencana (BNPB) 2020, Selasa (4/2/2020).
Kegiatan yang digelar di Sentul International Convention Center, Bogor ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo dengan tajuk Penanggulangan Bencana Urusan Bersama, Kita jaga Alam, Alam jaga Kita.
Dalam kegiatan itu para peserta mendapat pesan langsung dari Presiden Jokowi yang meminta agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa menjaga komunikasi yang baik.
"Bapak Presiden menekankan pada dua hal, di antaranya sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dan upaya pencegahan bencana, harus melibatkan komponen, terutama masyarakat," ungkap Umi, Rabu (5/2/2020).
Karena, lanjutnya, ada bencana yang berulang-ulang, yakni kebakaran hutan dan banjir. Kedua itu merupakan jenis bencana yang sering terjadi karena keteledoran manusia.
"Bapak Presiden juga berpesan bahwa pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota harus berjalan beriringan dalam menjalankan strategi pengendalian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang," tukasnya.
Urusan bencana disebutkan urusan bersama. Sementara pemerintah daerah fokus pada pengadaan peralatan siaga bencana, serta sinkronisasi dengan pihak TNI dan Polri.
"Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama, perlu peran semua pihak agar bencana alam bisa teratasi sedini mungkin," tukasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama