BOS Kembali Melepasliarkan Orangutan

PALANGKA RAYA, MK - Tiga orangutan kembali dilepasliarkan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Senin (24/2/2020).
CEO Yayasan BOS, Dr Ir Jamartin Sihite menuturkan, ketiga orangutan ini terdiri dari satu jantan dan dua betina, di antaranya Batola (jantan 17 tahun), Paduran (betina 12 tahun), dan Unyu (betina 6 tahun).
"Butuh waktu 15 jam untuk menempuh jalan ke lokasi pelepasliaran. Proses pelepasliaran ini juga bekerja sama dengan BKSD Kalimantan Tengah," ungkapnya.
Dilanjutkannya, tiga individu yang dilepasliarkan ini sebelumnya telah melalui proses rehabilitasi selama beberapa tahun oleh Yayasan BOS.
"Proses rehabilitasi dimulai dari sekolah hutan sampai pra pelepasliaran. Orangutan yang dilepasliarkan ini telah melalui semua proses dan telah siap untuk hidup secara liar tanpa campur tangan manusia," tukasnya.
Sementara itu, Kepala TNBBR, Agung Nugroho menyampaikan, kawasan yang dijadikan lokasi pelepasliaran ini telah melalui beberapa kajian, sehingga memenuhi syarat sebagai rumah baru orangutan rehabilitasi.[kenedy]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar