BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik Operator Alsintan di HST

BARABAI, MK - Pelatihan tematik operator Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dilakukan untuk mendukung program Kostratani, khususnya pembekalan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola brigade Alsintan dan pendamping UPJA.
Hal ini merupakan wujud nyata Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dalam mendukung Program Nasional Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Pelatihan ini sendiri dimulai dari 18 hingga 20 Februari 2020 di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) HST, diwakili Kepala Bidang P2HP, Ir H Khairil Rusdi MM berkesempatan membuka pelatihan secara resmi, didampingi Widyaiswara dari BBPP Binuang, Budiono SP MM.
Kegiatan ini diikuti 31 penyuluh pertanian se-Kabupaten HST. Peserta pelatihan menerima materi kebijakan pengembangan Alsintan oleh Ir H Khairi Rusdi MM. Sedang untuk motivasi kerja disampaikan Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSi.
"Apapun kegiatan penyuluhan harus dijiwai oleh program Kostratani," tegas Yulia.
Materi lain yang disampaikan dalam pelatihan ini tentang Pengelolaan Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), pengenalan, operasional dan pemeliharaan Alsintan. Untuk materi ini disampaikan Budiono SP MM dan Heldiansyah SST.
“Total keseluruhan jam pembelajaran selama 3 hari, adalah 24 jam pembelajaran," ungkap Budiono. 
Selanjutnya di hari kedua dilaksanakan kegiatan praktik seleksi benih, pembuatan dan persemaian padi sistem dapok, praktik penanaman dengan Alsintan rice transplanter.
Kemudian di hari terakhir, peserta mengisi form Rencana Tindak Lanjut (RTL). ”Peserta akan diberikan evaluasi akhir pelatihan, dilanjut konsep dan implementasi Program Kostratani," terang Budiono.
Pelatihan ini sendiri ditutup Kepala Seksi Penyuluhan Dinas TPH Hulu Sungai Tengah, Jauhar Arifin S.Hut. Pada kesempatan ini Jauhar menyampaikan, pelatihan tematik operator Alsintan ini untuk mempersiapkan para penyuluh pertanian dalam mewujudkan program Kementerian Pertanian bertajuk Konstratani Hulu Sungai Tengah.[bayu/budiono]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar