Bantuan Operasional Babinsa dan Babinkamtibmas di Kapuas bakal Naik

Bantuan Operasional Babinsa dan Babinkamtibmas di Kapuas bakal Naik

KUALA KAPUAS, MK - Perhatian ditunjukan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat terhadap Babinsa dan Babinkamtibmas desa. Hal itu ditunjukan dengan rencana menaikkan bantuan operasional Babinsa dan Babinkamtibmas desa.
Rencana itupun disikapi positif instansi terkait, yakni Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kapuas, Kalimantan Tengah.
"Kami siap untuk menindaklanjuti rencana bapak Bupati untuk menaikkan bantuan operasional Babinsa dan Babinkamtibmas desa," kata Yanmarto, Kepala DPMD Kapuas, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, dalam pola hubungan kerja sama yang telah dibangun selama ini antara desa dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas, terbukti sangat positif dan berhasil.
"Terutama dalam program yang ditekankan oleh bupati, yaitu upaya bersama melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kapuas," jelas Yanmarto.
Untuk itu, lanjutnya, dukungan terhadap operasional di lapangan perlu diperhatikan. Keberhasilan tersebut bisa dilihat dari jumlah hot spot serta kejadian karhutla yang telah dapat ditekan sekecil mungkin.
Hal tersebut sebagaimana telah diungkapkan Bupati Kapuas pada saat Rakor Pencegahan Karhutla pada Senin (10/02/2020) lalu.
Yanmarto menjelaskan, posisi Babinsa dan Babinkamtibmas yang tepat berada di tengah-tengah masyarakat desa, sangat diperlukan untuk membantu dan mendampingi desa dalam memelihara keamanan dan ketertiban, penyuluhan dan penegakan hukum, pembinaan linmas Desa serta masyarakat.
Yanmarto memastikan tentang rencana kenaikan bantuan operasional Babinsa dan Babinkamtibmas Tahun Anggaran 2020 yang akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa.
“Yang pasti sumbernya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kapuas yang ditransfer ke desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Nanti secara teknis akan diatur lebih lanjut dalam Perbup tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan yang dibiayai APBDes,” terangnya.
Ia menjelaskan, untuk besaran bantuan operasional yang saat ini sudah berjalan adalah sebesar Rp625 ribu per bulan atau Rp7,5 juta dalam setahun. Masing-masing Babinsa dan Babinkamtibmas total keduanya mencapai Rp15 juta per tahun.
Sedangkan untuk rencana kenaikan masih menunggu arahan Bupati Kapuas dan kalkulasi belanja Desa Tahun Anggaran 2020, nantinya bisa dilihat di Perbup yang akan terbit.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama