Aman Virus Corona, Tanbu Tetap Waspada...!

Aman Virus Corona, Tanbu Tetap Waspada...!

BATULICIN, MK - Waspada virus corona tetap harus dilakukan masyarakat dan pemangku kebijakan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Ini mengingat ada banyak Anak Buah Kapal (ABK) asing yang hilir mudik di Bumi Bersujud, khusunya ABK dari China.
Tepat jika pemeriksaan kesehatan kepada ABK yang datang dari luar dan masuk ke Tanbu terus dilakukan oleh otoritas Pelabuhan Batulicin. Langkah ini diambil sebagai antisipasi penularan virus corona masuk ke Tanbu.
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin melalui Kepala Wilayah Kerja Batulicin, Safrudin kepada metrokalimantan.com, Rabu (12/2/2020) mengatakan, pintu masuk keluarnya kapal luar ke Tanbu itu ada dua, yakni pelabuhan Bunati di Kecamatan Angsana, serta Satui, Kecamatan Satui.
"Jadi yang harus dilakukan kewaspadaan antisipasi, yaitu Pelabuhan Bunati sama Satui. Karena di situlah pintu masuk keluarnya kapal," tandasnya.
Untuk kewaspadaan ini Kantor Kesehatan Pelabuhan di Tanbu terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu.
"Kewaspadaan tinggi harus tetap dilakukan. Kita naik melakukan pemeriksaan, sebelum buruh kita naik ke kapal asing tersebut," jelasnya.
Petugas Kesehatan Pelabuhan Batulicin juga memberikan praktik contoh cara pemeriksaan termometer saat ada di atas kapal asing.[joni]
Lebih baru Lebih lama