Ketua DAD Ingin Perda Ornamen Daerah Tonjolkan Seni dan Budaya

Ketua DAD Ingin Perda Ornamen Daerah Tonjolkan Seni dan Budaya

PULANG PISAU, MK - Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Jabiren Raya dan Kedamangan setempat, belum lama tadi menggelar Festival Seni dan Budaya Daerah Jilid III tahun 2020.
Kegiatan bertajuk "Manggatang Utus" atau mengangkat harkat dan martabat etnik Dayak itu digelar di lapangan terbuka dengan lancar dan sukses.
Kegiatan yang diapresiasi oleh Bupati dan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau ini diharapkan dapat menjadi agenda pemerintah dalam pelaksanaannya.
Sebab, melalui kegiatan tersebut, seni, budaya dan adat istiadat di Bumi Handep Hapakat mampu dikenal lagi oleh masyarakat luar daerah.
Selain hal itu, melalui kegiatan tersebut secara tidak langsung juga sebagai upaya dalam melestarikan seni dan budaya dayak di daerah.
Untuk mewujudkan semua itu, tentunya kembali pada dukungan oleh seluruh pihak. Seperti apa yang disampaikan Ketua DAD Pulang Pisau, Edvin Mandala pada malam pembukaan festival beberapa waktu lalu.
Pada kesempatan itu, Edvin berharap seni dan budaya, khususnya di Pulang Pisau ini mampu bersaing dan berkembang pesat, baik di dalam maupun di luar daerah.
"Ini semua tidak lepas dari dukungan seluruh pihak untuk mewujudkannya, baik dari pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, budayawan dan lain sebagainya," ucap Edvin begitu sapaan legislator Partai Gerindra ini.
Ia menambahkan, karena Pemkab Pulang Pisau sudah memiliki Perda tentang ornamen daerah, diharapkan mampu menjadi wadah untuk menonjolkan kesenian dan kebudayaan daerah agar lebih dikenal, baju dan berkembang.
"Ya, kita (Pemkab Pulpis) sudah memiliki Perda tentang ornamen daerah. Dengan itu mari kita manfaatkan untuk menonjolkan seni dan budaya daerah kita, agar lebih di kenal lagi. Ini kendepan juga bisa menambah PAD kita," pungkasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama