Jelang Pilkada 2020, Rakor Kesbangpol Kotabaru Bahas Ini...!

Jelang Pilkada 2020, Rakor Kesbangpol Kotabaru Bahas Ini...!

KOTABARU, MK - Rapat koordinasi (Rakor) rencana pengamanan Pilkada 2020 digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru, Selasa (21/1/2020).
Rakor dipimpin Kepala Kesbangpol Kotabaru H Sutomo S.Sos M.Si dan dihadiri Polres Kotabaru Kompol Charles P, Kodim 1004/Kotabaru Kapten Amo M Pasi Ops Dim, Ketua KPU Kotabaru Zainal Abidin S.Sos, perwakilan Bawaslu Kotabaru Rusdiansyah, Kepala Satpol PP dan Damkar Kotabaru Abdilah.
"Rapat koordinasi ini membahas tentang persiapan dan menyusun rencana program kegiatan pengamanan Pilkada tahun 2020. Pemkab Kotabaru akan menyusun anggaran PAM Pemilu ke depan dengan menggunakan dana hibah," jelas Sutomo.
Ketua KPU Zainal menambahkan, mengenai alokasi anggaran pengamanan Pilkada 2020 berjumlah Rp2 miliar yang dihibahkan dari anggaran dasar KPU sekitar Rp37 miliar.
"Terkait jumlah TPS pada tahun ini berkisar 900 buah TPS. Dan hal ini berkurang 25 TPS, pada tahun lalu yang berkisar 925 TPS," tutur Zainal.
Perwakilan Bawaslu Rudiansyah mengatakan, untuk dana pengamanan dan Bawaslu dihibahkan sekitar Rp1,9 miliar. "Ini dari dana Bawaslu sendiri sekitar Rp15,1 miliar," terangnya.
Sementara itu, Polres Kotabaru Charles menjelaskan, konsep jalannya pengamanan pada Pemilu tahun 2020 tidak berubah seperti pengamanan Pilpres. Akan tetapi pihak pengamanan dari kepolisian akan tetap berupaya memaksimalkan jalannya Pilkada.
Menurutnya, Polres Kotabaru tetap bekerja sama dengan pihak yang terkait, di antaranya Kodim 1004 dan Satpol PP untuk mengamankan dan menyukseskan Pilkada mendatang.
"Untuk pengamanan Pilkada tahun 2020 mendatang sebesar Rp3,825 miliar," imbuhnya.
Kemudian Kodim 1004 melalui Pasi Ops Kapten Amo M memaparkan, untuk pengajuan dana pengamanan terkait dana anggaran PAM Pilkada tahun 2020 yang diajukan sebesar Rp1 miliar.
"Jadi untuk pelaksanaan PAM Pilkada sesuai dengan pentahapan yang sudah direncanakan, dalam pelaksanaan PAM Pilkada akan datang dan selalu berkoordinasi dengan Ilinstansi terkait yang dilibatkan," sebutnya.
Kesbangpol sendiri telah menerima masukan terkait dana PAM Pilkada tahun 2020. Dari masing-masing intansi terkait yang sudah diaudit dan menyampaikan ajuan dalam Rakor anggaran. 
Ini akan dibahas dan diajukan lagi di Sekda Kotabaru bersama BPKAD guna mendukung terlaksananya untuk kegiatan Pilkada 2020 ini.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama