Satu Tahun Kepemimpinannya, Ini Apresiasi Sukamta

Satu Tahun Kepemimpinannya, Ini Apresiasi Sukamta

PELAIHARI, MK – Memasuki satu tahun usia kepemimpinannya, Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta merasa sangat terbantu dengan dukungan semua pihak hingga program pembangunan berjalan lancar.
Atas dukungan yang dirasakan ini, Sukamta mengapresiasi secara spontan di Rapat Istimewa DPRD Tala, bersamaan dengan momen peringatan Hari Jadi ke-54 kabupaten berjuluk Bumi Tuntung Pandang ini, Senin (2/12/2019). 
Satu per satu ucapan terima kasih disampaikan mantan Kabag Humas dan Protokol ini. Sebut saja kepada Dandim 1009/Pelaihari dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana.
Mereka dinilai berandil besar dalam memberi dukungan pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang, khususnya melaksanakan sunatan massal dan pemasangan alat KB.
Sedang untuk Baznas iapresiasi Sukamta atas dukungannya dalam program bedah rumah, di samping juga memberikan bantuan sembako untuk warga kurang mampu.
Kemudian apresiasi juga diberikan kepada Ketua Pengadilan Agama dalam pelayanan Isbat Nikah serta perbaikan buku nikah. Juga Samsat Pelaihari dalam memberikan pelayanan pajak motor.
Sedang untuk penjabaran program pembangunan yang sudah dicapai, Sukamta juga memberi apresiasi kepada seluruh penerima penghargaan sepanjang 2019.
Termasuk apresiasi kepada atlet bridge, karena secara mengejutkan berhasil menorehkan prestasi menembus final hingga meraih medali perak, meski baru pertama kali mengikuti kejuaraan nasional. 
“Selamat pak Ketua Bridge Tanah Laut, terus dibina anak-anak kita yang secara mengejutkan bisa meraih medali perak,” pesannya.
Di momen ini, Sukamta juga mengungkapkan beberapa capaian program yang menjadi janji politiknya bersama Wabup Abdi Rahman.
Sebut saja, program kredit tanpa angunan dan bunga nol persen untuk pertanian, nelayan, perikanan dan UMKM dan lain-lain dengan nilai sebesar Rp100 miliar.
Program yang sudah dianggarkan dalam perubahan APBD 2019, saat ini progres pelaksanaannya telah berjalan. Ini seiring dilauchingnya program Gapura Karomah alias Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah.
Program ini dijalankan melalui penunjukan kepada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai pengelola investasi.
Sekarang ini telah menerima pengajuan dari calon peminjam ke SKPD teknis sebesar Rp5,5 miliar, dan permohonan yang masuk dari SKPD teknis melalui PT B PR sebesar Rp3,4 miliar.
Dengan jumlah dana yang telah direalisasikan atau dicairkan kepada calon peminjam sampai 29 November 2019, sebesar Rp 930 juta dengan jumlah kelompok sebanyak 48 dari 440 anggota.
Sementara Ketua DPRD Tala, Muslimin yang memimpin Rapat Paripurna memberikan apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan bupati dan jajaran dalam pembangunan di Bumi Tuntung Pandang.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama