Maknai Hari Armada, Lanal Kotabaru Kampanyekan Gemar Makan Ikan

Maknai Hari Armada, Lanal Kotabaru Kampanyekan Gemar Makan Ikan

KOTABARU, MK - Peringatan Hari Armada 2019 digelar Lanal Kotabaru di Taman Sirung Laut, Minggu (1/12/2019). Puncak peringatan yamg jatuh pada 5 Desember 2019 ini mengusung tema "Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan Sejak Usia Dini".
Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S. ST mengatakan, sektor kelautan dalam TNI AL melalui bidang Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) memiliki peran penting terhadap pembinaan masyarakat maritim dan berfungsi untuk pembinaan nelayan.
"Tujuan acara ini untuk menyatukan fungsi dan peran TNI Angkatan Laut dalam pembinaan masyarakat maritim," terangnya.
Selain itu, lanjutnya, acara ini juga untuk menyukseskan program pemerintah Hari Ikan Nasional (HIN) dan Gerakan Revolusi Biru (GRB) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ini untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional melalui sektor kemaritiman.
"Untuk TNI Angkatan Laut tahun ini sudah membentuk para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang tersebar di seluruh Nusantara," jelasnya.
Menurutnya, Babinpotmar sejajar dengan Babinsa dan Babinkantibmas yang berkedudukan di tiap-tiap Pos TNI Angkatan Laut (Posal). Salah satunya adalah program kerja memberikan penyuluhan tentang pemanfaatan sumber daya laut, khususnya wilayah penangkapan ikan dengan tidak merusak ekosistem laut lainnya.
Sementara itu, Kelompok nelayan Insan dan Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (Opin) mengapresiasi acara yang digagas Lanal Kotabaru ini. Mereka siap menyukseskan program Gemar Makan Ikan. 
Banyak nilai positif, terutama faktor edukatif yang diajarkan kelompok nelayan, seperti memanfaatkan ikan secara benar hingga membuat anak-anak gemar mengonsumsi ikan, termasuk melalui lomba seperti tarik tambang perahu Tradisional, dan lomba jurnalistik.
Di awal tahun 2020, Lanal Kotabaru membuka pendaftaran, untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda Kotabaru ikut seleksi masuk calon Tamtama TNI Angkatan Laut. 
Ini agar generasi muda Bumi Saijaan dapat bergabung menjadi Ksatria Bahari Muda penjaga samudera Nusantara menuju World Class Navy sebagai poros maritim dunia.[zainuddin]



Lebih baru Lebih lama