Desa Sebelimbingan Kini Manfaatkan Limbah Plastik Bernilai Ekonomis

Desa Sebelimbingan Kini Manfaatkan Limbah Plastik Bernilai Ekonomis

KOTABARU, MK - Terobosan penanganan limbah plastik tengah dilakukan Kepala Desa Sebelimbingan, Asmini. Bukan sekedar mengurangi, kini limbah plastik disulap menjadi bermanfaat.
Menurut Asmini, Kamis (12/9/2019), dengan mengubah sisa limbah plastik, masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan limbah sampah tersebut menjadikan nilai tambah.
"Tentunya dengan melalui keterampilan, seperti anggota PKK desa, ibu-ibu RT dan masyarakat. Limbah plastik kini bisa dijadikan pernak-pernik menarik seperti bakul, tempat tisu, anyaman tempat minum, tas dan sebagainya," jelasnya.
Asmini mengatakan, penanganan limbah ini berawal dari ide, inovasi dan kemauan yang kuat. Ia mengajak staf kantor dan ibu-ibu PKK untuk mempraktikkan dan mengembangkan keterampilan unik dengan mengelola sampah-sampah bekas sekitar desa supaya bermanfaat.  
"Sampah plastik yang sudah dikumpulkan dalam jumlah banyak, nantinya akan kita buat suatu usaha untuk mendapatkan hasil. Contoh seperti bekas minuman teh gelas, plastik bungkusan kopi, rinso, lalu dibersihkan. Kemudian dianyam menjadi bentuk yang diiginkan," paparnya.
Untuk pengelolaan sampah, lanjutnya, apabila diseriusi bisa meningkatkan tambahan penghasilan. Karena itu, pihaknya mengimbau warga dapat ikut berlatih secara serentak.
Tidak hanya itu, di rumah tempat tinggalnya yang terletak di RT. 03, Jalan Bima Desa Sebelimbingan, sudah dilaksanakan kegiatan membuat barang-barang bekas menjadi barang  yang menarik, dan bisa dinilai dengan rupiah yang tinggi.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama