Peduli Kualitas IKM UKM, Bank Kalsel Gelar Bimtek

Peduli Kualitas IKM UKM, Bank Kalsel Gelar Bimtek

MARTAPURA, MK – Kepedulian akan  pembinaan dan peningkatan kualitas Industri Kecil Menengah (IKM) maupun Usaha Kecil Menengah (UKM), sudah menjadi komitmen Bank Kalsel. 
Komitmen itu setidaknya diaplikasikan Bank Kalsel Unit Mataram dan Unit Sekumpul dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan lomba kemasan produk olahan pangan IKM.
Selain itu, pelatihan ini juga digelar sekaligus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-74 serta Hari Jadi ke-69 Kabupaten Banjar.
Untuk materi Bimtek bertajuk “Edukasi pengelolaan keuangan usaha serta pengembangan produk dalam rangka menghadapi persaingan pasar“, dipaparkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Banjar, I Gusti Made Suryawati S.Sos MP.
Kemudian untuk materi teori maupun praktik pengemasan produk disampaikan Gusti M Rofik, perwakilan dari Rumah KemasanBanjar.
Selanjutnya, materi pemasaran praktis dan efektif dalam rangka menghadapi persaingan pasar UMKM disampaikan Kabid Industri Agro Kimia Disperindag Banjar, Ir Agus Ibrahim.
Dialog interaktif dilakukan langsung Masnawati, Kepala BPD Unit Mataraman dan Iis Rahmatika Kepala BPD Unit Sekumpul. Keduanya memberikan penjelasan terkait produk untuk mendukung penguatan modal IKM.
“Alhamdulillah, kegiatan ini disambut antusias peserta hingga acara berjalan lancar sampai akhir. Bahkan di sesi interaksi tanya jawab pun berlangsung seru,” terang Masnawati.
Pada kesempatan ini juga disampaikan tentang produk dana dan jasa yang dimiliki oleh Bank Kalsel, di mana produk ini didesain untuk semakin mempermudah masyarakat dalam menjalankan usahanya.
Kegiatan edukasi dibuka istri Bupati Banjar, dan turut dihadiri Hj Raudatul Wardiyah dan istri Wakil Bupati Banjar, Hj Nur Gita Tiyas S.Pd M.Pd, serta istri Sekda Banjar, Nency Oktaviani.
Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri beberapa kepala dinas dan perwakilan dari Hipmikindo serta Camat se-Kabupaten Banjar.
Sementara itu di sesi lomba, enam produk dikukuhkan dewan juri sebagai pemenang. Satu di antaranya, produk Mara Suka dari Kecamatan Mataraman yang berhak atas tropi plus mesin kemasan.[mia/adv]
Lebih baru Lebih lama