Maknai HLH 2019, Bupati Yapan Tanam Ratusan Bibit Pohon

Maknai HLH 2019, Bupati Yapan Tanam Ratusan Bibit Pohon

SENDAWAR, MK - Penanaman berbagai jenis bibit pohon yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) di hutan adat Hemaq Beniung, Kampung Juaq Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Jumat (26/7/2019), menandai peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2019.
Berbagai jenis bibit pohon yang ditanam langsung Bupati Kubar, FX Yapan dan Wakil Bupati H Edyanto Arkan bersama pejabat Pemkab Kubar serta perwakilan perusahaan perkebunan dan pertambangan itu, yakni meranti, bengkirai dan kayu ulin.
Di momen ini, juga turut ditanam 600 lebih pohon buah lokal di kawasan hutan seluas 48,85 hektare tersebut.
Yapan berharap melalui peringatan HLH sedunia, masyarakat Bumi Tanaa Purai Ngeriman semakin sadar untuk melakukan tindakan nyata yang mencintai serta melestarikan lingkungan hidup.
"Mari kita hidup sehat dan jagalah bumi ini demi kelangsungan generasi anak cucu kita nanti,” tutur Yapan.
Menurut Yapan, hutan adat hemaq beniung yang terletak di Kampung Juaq Asa telah memiliki SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang diserahkan langsung Presiden pada pembukaan Konferensi Tenurial Reformasi Penguasaan Tanah dan Pengelolaan Hutan 2017.
Penanaman berbagai jenis bibit pohon ini, lanjut Yapan, merupakan upaya Pemkab Kubar untuk memotivasi masyarakat terkait pentingnya menanam pohon bagi masa depan, khususnya tanaman buah lokal yang harus dilestarikan.
"Masyarakat juga harus bisa mengurangi sampah plastik, bahan kimiawi serta polusi air dan udara,” pinta Yapan.
Bukan hanya di momen HLH, di beberapa kegiatan pun Pemkab Kubar sering melakukan aksi penanaman pohon. Bahkan hutan kota Sendawar yang berlokasi di depan Kantor Bupati Kubar direncanakan dibuat sejumlah taman rekreasi keluarga.
“Hutan Kota Sendawar sangat potensi sekali jika dibangun berbagai macam taman rekreasi keluarga, seperti taman Kota Bogor, selain taman ada juga taman khusus membaca dan lain sebagainya,” terang Yapan.[doni/adv]

Lebih baru Lebih lama