Kenalkan Sejarah Nenek Moyang, Polsek dan ASDP bakal Ajak Anak Usia Dini Berlayar

BATULICIN, MK - Mengenalkan kekayaan bahari dan sejarah nenek moyang, sejatinya penting dilakukan sejak dini kepada anak-anak. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi kebaharian yang sangat besar.
Didasari itu, Polsek Batulicin berencana menggelar studi tour untuk anak-anak usia dini di Tanah Bumbu dengan berlayar menaiki kapal feri dari pelabuhan Batulicin menuju Tanjung Serdang Kotabaru dan sebaliknya.
"Kami berencana mengajak anak-anak usia dini yang ada di Batulicin naik kapal feri dari Batulicin ke Tanjung Serdang dan kembali lagi ke Batulicin. Ini untuk mengenalkan dan mencintai sejarah tentang nenek moyang kita," terang Kapolsek Batulicin, Iptu Kristian SN, Jumat (5/7/2019).
Menurut Kristian, pihaknya juga sekaligus mengenalkan tugas-tugas polisi yang berkaitan dengan Kamtibmas dan lalu lintas, termasuk lalu lintas di laut.
"Kami akan memfasilitasi itu nantinya. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak ASDP Batulicin. Ini semacam mengadakan kegiatan pendidikan non formal," tuturnya.
Memberikan wawasan dan pengetahuan sambil bermain memang menjadi terobosan jitu agar anak-anak cepat memahami dan mengetahui sejarah kebahariaan.
"Nanti sambil bermain, kita sisipkan pesan-pesan Kamtibmas, juga tentang tertib berlalu lintas, tentang keamanan lingkungan, kebersihan laut, serta sejarah nenek moyang kita,"  imbuhnya.
Jika tak ada aral, rencana ini segera direalisasikan Polsek Batulicin bersama PT. ASDP Batulicin saat sudah memasuki tahun ajaran baru 2019/2020.
"Ini kan anak-anak sekolah belum masuk, jadi nanti kami akan lakukan koordinasi ke kepala sekolah serta Kepala Dinas Pendidikan Tanbu," bebernya.
Sebelumnya Manajer PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Batulicin, Arif Budiman mengungkapkan memang ada rencana studi tour untuk anak-anak usia dini tersebut.
"Jadi anak usia dini, mereka kita kenalkan tentang sejarah nenek moyang kita. Itu mereka nanti kita ajak berlayar dari Batulicin menuju Tanjung Serdang dan balik lagi," tutupnya.[joni]
loading...
TAG