Baru Pertama Kali Kinerja Dinkes Tanbu Diaudit BPK, Ini Kata Damrah…!

BATULICIN, MK – Penelusuran audit kinerja dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu.
Kepala Dinkes Tanbu, H Damrah, Selasa (23/7/2019) mengatakan, BPK RI baru kali ini melakukan audit kinerja bidang kesehatan di Bumi Bersujud.
“Seingat saya rasanya 25 tahun saya di Dinas Kesehatan, baru pertama kali ini BPK RI melakukan audit kerja,” ungkapnya.
Menurut Damrah, kalau audit keuangan sudah sering dan setiap tahun. Namun untuk audit kinerja kesehatan baru kali ini dilakukan di Tanah Bumbu. Tim BPK sendiri melakukan audit pendahuluan dalam dua minggu.
Jadi, lanjutnya, nanti kemungkinan BPK bakal kembali turun selama sebulan untuk pendalaman audit kinerja bidang kesehatan.
“Ini mungkin terkait apakah sudah sesuai dengan pusat?, apakah kebijakan kesehatan ini ada dampaknya baiknya masyarakat?,” ucap Damrah.
Dalam audit kinerja ini bakal ada 14 Puskesmas yang disambangi BPK. Karena itu, manajemen Puskesmas diminta menyiapkan dokumen penting untuk memperlancar proses pemeriksaan BPK.
“Audit kinerja ini berkaitan juga dengan penggunaan dana bidang kesehatan, apakah sudah tepat sasaran,” jelasnya.
Disinggung apakah tim audit BPK akan melakukan pemeriksaan keuangan, Damrah  memastikan tidak.
“Audit ini tidak memeriksa keuangan, karena kita di 2018 sudah diperiksa masalah keuangan,” imbuhnya.
Damrah memastikan tidak ada masalah terkait keuangan bidang kesehatan. “Jadi kita aman kalau masalah keuangan, kita tidak ada penyelewengan,” tegasnya.[joni]
loading...
TAG