Bangun Desa di Kotabaru, TMMD Digelar di Desa Subur Makmur

KOTABARU, MK - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali digulirkan di Kabupaten Kotabaru. Kali ini, TMMD ke-105 digelar di Desa Subur Makmur, Kecamatan Pulau Laut Barat.
Upacara TMMD edisi 2019 digelar di lapangan Desa Subur Makmur, dan ditandai dengan penyerahan peralatan kerja secara simbolis kepada dua perwakilan tim TMMD 105 oleh Bupati Kotabaru, Sayed Jafar, Kamis (11/7/2019).
TMMD dengan tema "Bersama TMMD kita membangun Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat" ini, dilangsungkan selama satu bulan, dari 11 Juli hingga 8 Agustus 2019. Jumlah personel yang terlibat dalam program sosial ini sebanyak 150 orang.
Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Sayed mengatakan, program TMMD adalah program terpadu lintas sektoral yang bertujuan membangun desa sebagai sarana, membantu pemerintah daerah untuk menunjang kesejahteraan dan kualitas sumber daya manusia (SDM), agar roda perekonomian berjalan.
"Program TMMD akan mempercepat pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Kotabaru. Karena itu, saya berharap program TMMD ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan guna mempercepat pembangunan disegala bidang baik pembangunan fisik maupun nonfisik," jelasnya.
Pada kesempatan ini, Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitrianto S.Sos mengungkapkan, pada TMMD di Desa Subur Makmur ini, tim akan membangun jalan tembus ke Desa Sumber Sari Kecamatan Pulau Laut Barat. Selain itu, juga melakukan pembangunan jalan sepanjang 1.707 meter dengan lebar 4 meter. Kemudian pembangunan 1 buah MCK, dan rehab 4 buah rumah tidak layak huni.
Selain kegiatan fisik, lanjutnya, TMMD juga menyasar pembangunan non fisik seperti kegiatan bakti sosial yang meliputi pengobatan masal, sunatan masal, pelayanan KB, donor darah, pasar sembako murah, dan mulawarman peduli.
Ditambahkan Rony, juga ada kegiatan penyuluhan yang meliputi penyuluhan KB, dan kesehatan, Karhutla, pertanian, bela negara, Wasbang dan radikalisme, Kamtibmas dan narkoba, sosialisasi rekrutmen TNI, Siskamling, serta penyuluhan siraman rohani.[zainuddin]
loading...
TAG