Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, DPMPD Kotabaru Gelar Pelatihan

KOTABARU, MK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Kotabaru menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa bagi Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Kotabaru di ruangan Setda Kotabaru, Kamis (27/6/2019).
Asisten I Kotabaru, Ir Hasbi M Tawab SH MH mengatakan, salah satu ukuran keberhasilan pelaksanaan otonomi desa, pemerintah desa mampu memberikan pelayanan dan membawa kondisi masyarakat desa ke arah kehidupan yang lebih baik.
"Agar bisa mewujudkan itu semua, sebagaimana kami kemukakan, setiap aparatur pemerintah desa, khususnya seluruh kepala desa harus menguasai tugas dan kewenangannya," tuturnya.
Karena itu, lanjut Hasbi, melalui pelatihan ini pihaknya mengharpakan Kades di Kotabaru benar-benar memahami pemberdayaan dan demokrasi desa. Sebagai implementasinya tetap menjadi skala prioritas dengan berbagai peningkatan, baik dari kuantitas maupun kualitas.
"Jadi pelaksanaan ini untuk mewujudkan desa yang mandiri dan sejehteta," imbuhnya.
Sebelumnya, Kepala DPMPD Kotabaru, Drs Hariansyah MAP menyatakan, pelatihan pembekalan ini dilakukan agar para Kades memiliki pengetahuan dalam menjalankan tugas, teknis, pertanggungjawaban keuangan dan tata cara pembuatan tentang laporan APBDes.
"Hal-hal yang perlu kita perhatikan supaya tidak terkendala dengan masalah hukum," tandasnya.
Ke depan birokrasi desa yang terlalu panjang bisa dipangkas. "Evaluasi APBDes akan kita serahkan ke kecamatan, sehingga pada bulan Januari Februari 2020 APBDes sudah kita lakukan dan ini adalah tanggung jawab Camat," pungkasnya.[zainuddin]
loading...
TAG