Pj Bupati Erlin Hardi Buka Gerakan Pangan Murah, Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Pangan

Pj Bupati Erlin Hardi Buka Gerakan Pangan Murah, Jaga Stabilitas Harga dan Ketersediaan Pangan

PJ BUPATI Kapuas, Erlin Hardi ST, saat membuka gerakan pangan murah.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Perum Bulog serta stakeholder terkait menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), kali ini digelar di kawasan Komplek Stadion Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas, Senin (1/4/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi, sebagai salah satu upaya dan langkah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

"Kegiatan gerakan pangan murah serentak ini bertujuan untuk menekan potensi kenaikan harga pangan dan menjamin ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Kapuas menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Erlin Hardi.

Kegiatan ini juga untuk membantu masyarakat Kabupaten Kapuas khususnya di Kecamatan Selat untuk dapat memperoleh barang kebutuhan pokok dengan mudah dan murah. Hari ini dijual dengan harga murah di bawah harga pasar karena ada subsidi pemerintah.

"Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas dan bekerjasama dengan beberapa pihak terkait yakni Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Perum Bulog," ucap Erlin.

Komoditas yang disediakan pada pelaksanaan gerakan pangan murah serentak ini yaitu beras SPHP Rp 55.000/5 kg, minyak goreng JAR Rp 12.500/liter, telur ayam ras Rp50.000/rak, gula Rp12.500/kg, bawang putih Rp30.000, bawang merah Rp.20.000, cabai rawit merah Rp 40.000/kg dan Iga gondrong Rp37.000/kg.

Masyarakat pun terpantau berbondong-bondong antusias mendatangi kegiatan gerakan pasar murah tersebut.

Sementara itu, Kepala DKPP Kapuas, Kusmiatie mengatakan pelaksanaan gerakan pangan murah serentak merupakan suatu amanat pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) sesuai surat deputi bidang ketersediaan dan stabilisasi pangan perihal undangan menghadiri apel siaga HBKN jelang Idul Fitri 2024 melalui gerakan pangan murah serentak yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2024.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama