Ini Tanggapan PLN ULP Pulang Pisau Pasca Kebakaran Kabel Listrik di Lingkungan Pasar

Ini Tanggapan PLN ULP Pulang Pisau Pasca Kebakaran Kabel Listrik di Lingkungan Pasar

PULANG PISAU - Diduga akibat korsleting arus pendek, salah satu lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di wilayah kota Pulang Pisau, tepatnya di samping kantor BRI Unit Pulang Pisau, Jalan Oberlin Metar, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng terbakar, Kamis (18/4/2024) malam.

Akibat dari kejadian tersebut, membuat warga menjadi panik, baik warga masyarakat setempat maupun pengguna jalan yang kebetulan melintasi lokasi tersebut.

Pasalnya, nyala api yang kian membesar itu berada tepat di atas salah satu rumah warga yang berdekatan dengan lokasi pasar harian atau yang lebih dikenal dengan sebutan pasar Patanak Pulang Pisau yang tentunya merupakan kawasan pemukiman padat penduduk. 

Saat ditemui di lokasi kejadian, salah satu warga setempat Wardi (32), merasa kesal atas respon dari pihak PT. PLN Pulang Pisau yang terkesan lamban dalam mengambil tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Padahal menurut informasi yang disampaikan ke wartawan, sudah ada beberapa warga yang menyampaikan laporan kepada pihak PT. PLN Cabang Pulang Pisau, baik via telepon maupun mendatangi langsung ke kantor PT. PLN yang tidak jauh dari tempat terjadinya korsleting. 

"Ini kenapa kok dibiarkan saja ?? sudah hampir setengah jam belum datang-datang juga petugas dari PLN untuk menanganinya, padahal kantor layanan PLN kan dekat saja dari sini," ucap Wardi dengan nada kesal.

Ia berharap, semoga ke depan pihak PLN Pulang Pisau lebih cepat respon menanggapi laporan masyarakat, apalagi laporan tersebut bersifat urgent atau emergency.

"Semoga hal serupa tidak terulang lagi. Artinya, cepat respon kalau ada kejadian cepat tanggap. Jujur malam kemarin kalau tidak ditangani segera, dikhawatirkan akan membahayakan, karena apinya saya lihat semakin membesar dan mulai merambat melalui jalur kabel listrik menuju rumah warga, dan beberapa kali juga terjadi letupan yang cukup keras yang mungkin berasal dari alat travo dan percikan apinya jatuh tepat di atas atap rumah warga," ungkapnya.

Sementara saat dikonfirmasi awak media, Jumat (19/4/2024) via WhatsApp, Manager PLN ULP Pulang Pisau, Gustiyadi Fathur Rahmandi menyampaikan permohonan maaf kepada warga atas kejadian tidak terduga ini, sehingga arus listrik padam disekitar lokasi kejadian.

Menanggapi keluhan warga, Fathur mengakui bahwa pihaknya saat itu telah menerima laporan adanya peristiwa kebakaran kabel di tiang listrik milik PLN disimpang tiga Bank BRI pada pukul 20.25 WIB.

Namun, lanjut Fathur, saat Tim Petugas piket tengah melakukan penanganan gangguan pelanggan PLN lainnya di Desa Sakakajang, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, maka  guna percepatan penanganan, PLN mengirimkan petugas Off Duty yang berada di dekat lokasi kejadian dan ini tentunya membutuhkan waktu bagi petugas untuk tiba di lokasi kebakaran. 

"Jadi, memang saat itu petugas piket kita masih menangani gangguan jaringan listrik di Sakakajang. Meski begitu petugas tambahan datang, terdapat petugas PLN Off Duty lain yang membantu melakukan pemadaman Gardu Distribusi setempat guna mengurangi risiko sengatan arus listrik saat dilakukan perbaikan dan menyebarnya dampak dari kebakaran yang berpotensi mengenai rumah salah satu warga yang berada tepat di dekat tiang listrik PLN tersebut," tuturnya.

Masih dikatakan Fathur, sesambil menunggu petugas pemadam tiba di lokasi, petugas PLN pun berinisiatif melakukan pemadaman api kebakaran dengan bantuan APAR jenis dry chemical yang diambil dari Kantor PLN ULP Pulang Pisau 

"Dan, setelah api berhasil dipadamkan barulah petugas PLN bisa melakukan perbaikan peralatan yang rusak akibat kebakaran dan suplai listrik telah kembali normal pada pukul 22.37 WIB," ujarnya 

Tambahnya, adapun penyebab kebakaran sementara diduga dari hubungan arus pendek sehingga timbul percikan yang mengenai Animal Guard dari bahan sapu ijuk yang terpasang pada kabel tegangan rendah dan menyebabkan terdengar beberapa kali suara ledakan dari tiang listrik PLN yang terbakar.

"Namun kita juga belum mengetahui secara pasti penyebab hubung arus pendek, sehingga terjadi percikan api yang sempat membuat khawatir warga. Sekali lagi kami dari pihak PLN ULP Pulang Pisau meminta maaf atas ketidaknyamanan saat terjadi kebakaran taru malam," katanya.[manan]

Lebih baru Lebih lama