Ini Jumlah Peserta Lomba Inovasi TTG dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalteng

Ini Jumlah Peserta Lomba Inovasi TTG dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalteng

PEMBUKAAN lomba inovasi TTG dan TTG unggulan tingkat Provinsi Kalteng tahun 2024.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi  (Pemprov) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2024.

Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kalteng, Nuryakin, berlangsung di Hotel Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Rabu (17/4/2024) malam. 

Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah Perdesaan, sehingga dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

"Mari kita berinovasi. Harusnya yang kita lakukan adalah bagaimana inovasi ini menurut kami adalah yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan menggunakan kearifan lokal," harap Nuryakin saat membuka kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng Aryawan melalui Sekretaris Dinas Etty Aprilia melaporkan bahwa lomba tersebut akan dilangsungkan selama tiga hari, mulai dari tanggal 17 hingga 19 April 2024, dan diikuti peserta dari perwakilan Kabupaten, baik perorangan maupun Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).

Untuk lomba TTG diikuti para inovator dari 8 Kabupaten, diantaranya Murung Raya, Barito Selatan, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Seruyan, Katingan, Kapuas, dan Pulang Pisau. 

Sementara untuk TTG Unggulan, diikuti 4 kabupaten, yakni Barito Selatan, Katingan, Kapuas, dan Pulang Pisau.

"Pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Tepat Guna Unggulan Tingkat Nasional Tahun 2024, dan dapat diikutsertakan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV yang akan digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama