Realisasi Capaian Izin NIB Terbit Tahun 2023 pada DPMPTSP Tanah Bumbu

Realisasi Capaian Izin NIB Terbit Tahun 2023 pada DPMPTSP Tanah Bumbu


BATULICIN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tanah Bumbu gencar melakukan pelayanan jemput bola, sehingga Nomor Induk Berusaha (NIB) tahun 2023 kemarin berhasil melonjak naik.

Demikian disampaikan Kepala DPMPTSP Tanah Bumbu Andrianto Wicaksono melalui Kepala Bidang Perizinan dan Nonperizinan Yurianah, Selasa (19/3/2024).

Dengan melakukan pelayanan jemput bola pemberian izin NIB untuk kecamatan dan desa, dapat membantu pelaku usaha untuk menerbitkan NIB, khususnya bagi beberapa yang belum memahami sistem online.

Disampaikan Kepala DPMPTSP, yang mana terdapat berbagai macam pelayanan perizinan dan non perizinan digencarkan melalui aplikasi OSS RBA , Myperizinan, dan SIMBG.

Berdasarkan realisasi izin NIB yang terbit tahun 2023 pada OSS RBA menyebutkan, tahun 2020 ada sebanyak 334 NIB yang terbit, kemudian tahun 2021 sebanyak 264 NIB.

Mulai melonjak naik tahun 2022 ada sebanyak 1667 NIB, dan terbanyak tahun 2023 mencapai 2.859 NIB yang terbit melalui gencar jemput bola tadi.

Yurianah menambahkan, selain jemput bola, kenaikan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya dikarenakan beberapa langkah atau inovasi yang dilaksanakan pihaknya.

Seperti, pelayanan pendampingan kepada pemohon dalam memproses izin NIB tidak dipungut biaya (gratis).

Selanjutnya dipermudah dengan layanan website yang diakses secara digitalisasi online dan pemberian bimbingan teknis kepada kasi pelayanan dan staf admin PATEN di Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Andrianto Wicaksono berharap, dengan kemudahan perizinan berusaha akan menarik banyak investor untuk berinvestasi dan ikut membangun Kabupaten Tanah Bumbu yang juga mempunyai isue strategis sebagai penyangga IKN.[ade]

Lebih baru Lebih lama