Puluhan Pelaku Usaha Jasa Kontruksi di Tanah Bumbu Ikuti Bimtek e-Purchasing

Puluhan Pelaku Usaha Jasa Kontruksi di Tanah Bumbu Ikuti Bimtek e-Purchasing


BATULICIN – Puluhan pelaku usaha sektor jasa kontruksi di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Purchasing, Senin (18/3/2024) di Ruang Bersujud 1, Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Eryanto Rais membuka secara resmi Bimtek e-Purchasing tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu Hernadi Wibisono melalui Sekretaris PUPR, Muhammad Yusri mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya Bimtek e-Purchasing adalah sebagai wujud dalam menjalankan amanat Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, dan usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam rangka mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Kemudian, Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang jasa kontruksi dalam rangka mendukung pengadaan disektor jasa kontruksi yang lebih baik.

“Pembinaan terhadap pelaku pengadaan merupakan unsur penting yang harus diperhatikan dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan jasa kontruksi dalam menciptakan tenaga kerja kontruksi yang kompeten dan berdaya saing sebagai salah satu modal kesuksesan pembangunan infrastruktur,” ujar Yusri.

Ia menambahkan kontruksi yang berkualitas ditentukan oleh sumber daya yang berkualitas, tentunya termasuk didalamnya sumber daya manusianya.

Terkait jumlah peserta Bimtek, Yusri mengatakan ada sebanyak 76 Badan Usaha sektor Jasa Kontruksi yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang mengikuti Bimtek yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas PUPR.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya dibacakan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Eryanto Rais mengatakan atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya Bimtek e-Purchasing jasa kontruksi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan ini, sambungnya, sebagai upaya dalam mewujudkan good governance dan sistem pengadaan barang jasa pemerintah yang efektif dan transparan, serta komitmen mendukung penggunaan produk-produk dalam negeri.

Dimana pengadaan barang dan jasa pemerintah mempunyai peran penting dalam melaksanakan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

Selain itu, melalui e-Purchasing ini juga dapat meningkatkan proses pengadaan produk barang atau jasa dengan mengimplementasikan teknologi elektronik.

Hal ini tentu sangat penting dilakukan, karena penggunaan e-Purchasing dalam proses pengadaan produk barang atau jasa dibidang kontruksi dapat lebih mudah diakses semua pihak yang terlibat, serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ini tentunya sebuah langkah maju yang dilaksanakan untuk juga dapat memajukan pengusaha lokal di daerah, sehingga bisa ikut berpartisipasi dalam rangka mengelola kegiatan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Harapannya kepada peserta Bimtek e-Purchasing dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat memahami dan mengaplikasikan e-katalog bidang kontruksi secara efektif dan efesien,” harapnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama