Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024, Tingkat Kecamatan Selat Minus Sengketa Hasil

Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024, Tingkat Kecamatan Selat Minus Sengketa Hasil

JAJARAN PPK Selat, Kab. Kapuas saat mengikuti 
rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Kalteng tengah meggelar proses rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten yang digelar sejak Selasa 26 Februari dan memasuki hari terakhir, Kamis (29/2/2024). 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Selat Muhammad Imron Rosikhin,  menuturkan proses rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan lancar.

Menurut Imron sampai saat ini untuk di PPK Selat sendiri tidak ditemui laporan pengajuan sengketa hasil Pemilu.

"Pada prinsipnya untuk Kecamatan Selat tidak ada riak protes tentang perolehan hasil Pemilu," ujar Imron, disela rekapitulasi yang digelar di aula Rujab Bupati Kapuas.

Kendati demikian lanjutnya ada saksi Parpol yang memprotes kinerja petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) terkait surat suara.

"Jadi ada beberapa KPPS yang diduga melakukan kesalahan dalam memberikan lebih jumlah surat suara yang diberikan ke pemilih hal itu menurut saksi yang keberatan," terang Imron.

Sehingga lanjutnya, saksi tersebut  menginginkan adanya evaluasi penyelenggara di tingkat TPS.

Ia menambahkan agar dapat meminimalisir kesalahan itu, perlu sinergi ketat dan juga cermatnya Pengawas TPS (PTPS) dan petugas KPPS.

"Sehingga diharapkan dapat menciptakan Pemilu berkualitas," pungkasnya. [zulkifli]

Lebih baru Lebih lama