Peternak di Paringin dapat Penyuluhan KIE, Penyakit Hewan Menular dan Biosecurity dari DKP3 Balangan

Peternak di Paringin dapat Penyuluhan KIE, Penyakit Hewan Menular dan Biosecurity dari DKP3 Balangan

PETERNAK di Paringin mendengarkan penyampaian narasumber dari DKP3 Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemkab Balangan gelar Penyuluhan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE), penyakit hewan menular dan Biosecurity ternak di Kecamatan Paringin, Senin (4/3/2024). 

Mewakili DKP3 Balangan, drh. Ayu mengatakan,  kegiatan tersebut bertujuan untuk KIE pada peternak tentang pencegahan dan pengendalian penyakit pada unggas. 

"Penyebab matinya unggas secara masalah beberapa waktu lalu, faktornya antara lain pergantian musim juga banyak unggas yang belum di vaksin," ujarnya.

drh. Ayu juga menjelaskan, di Balangan sistem kandang belum modern, dan pemeliharaan masih tradisional di lakukan oleh peternak unggas di Balangan. 

"Kita juga memberikan Edukasi tentang  pencegahan, pengendalian pemberian vitamin serta cara pemberian pakan yang berkualitas dan berkecukupan pada unggas dan ternak," tuturnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut peternak bisa mengenali  penyakit, gejalanya maupun cara pengendalian dan kebersihan kandang serta cara pemberian pakan yang berkualitas. 

Sementara itu, salah satu peternak unggas di Paringin, Muhammad, mengatakan, melalui kegiatan ini bisa memperdalam ilmu dan pengetahuan tentang unggas. 

"Kita juga diberikan kesempatan tanya jawab dan bisa menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada unggas yang dipelihara," tutupnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama