Pemuda Pemudi Usia 16-30 Tahun di Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Pemuda Pemudi Usia 16-30 Tahun di Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga dan  Pariwisata menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pemuda tahun 2024.

Kegiatan dibuka langsung Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani di GPU Handep Hapakat, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau, Senin (4/3/2024).

Hadir sejumlah pejabat dan para camat serta pihak perbankan di daerah setempat.

"Peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan ini perwakilan dari 8 kecamatan yang ada di kabupaten kita. Usia peserta dari 16-30 tahun, dan pelatihan ini ada di bidang kuliner, usaha kreatif, pencucian mobil, bengkel dan rumah makan. Nah, selama ini kan promosinya hanya melalui mulut ke mulut saja, jadi karena kita sudah memasuki era digital harus mampu menguasai teknologi. Meski berada di rumah saja," kata Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Ia menyebut, dilaksanakan pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi di era digital ini diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu pengurangan pengangguran dan mengentaskan kemiskinan.

"Nanti mereka ini akan fasilitas dengan permodalan melalui pinjaman di perbankan," tukasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Pulang Pisau Sukarja menyebut, secara umum pelatihan ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi berwirausaha dan membantu pemuda menemukan ide-ide usaha dan merancang sebuah rencana usaha. 

"Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 65 orang dari semua kecamatan yang ada di daerah kita yang memiliki kemampuan daya saing di era digital ini. Untuk permodalan sendiri kita akan memfasilitasi mereka melalui perbankan," ucapnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama