Pemkab Kapuas Adakan Bimtek Aplikasi Siskeudes Online Bagi Ratusan Aparatur Desa

Pemkab Kapuas Adakan Bimtek Aplikasi Siskeudes Online Bagi Ratusan Aparatur Desa

SUASANA acara Bimtek APK Siskeudes Online yang digelar Pemkab Kapuas.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online, di aula Hotel Best Western Batang Garing Kota Palangka Raya, Jumat (15/3/2024)

Kegiatan Bimtek ini kerjasama Dinas PMD dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo) Kabupaten Kapuas, yang memfasilitasi dalam pembuatan sub domain, penyediaan server dan jaringan internet agar aplikasi mudah diakses oleh semua peserta Bimtek.

Bimtek diikuti peserta dari 103 perwakilan pemerintahan desa dan 7 kecamatan se-Kabupaten Kapuas. Narasumber dan instruktur dalam kegiatan itu adalah tim dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

"Kami memberikan dukungan berupa fasilitasi server, domain dan konfigurasi database aplikasi sistem keuangan desa, agar bisa diakses secara online oleh peserta Bimtek dan pada nantinya juga bisa di akses dari desa masing- masing yang sudah terkoneksi jaringan internet dan mendukung agar aplikasi Siskeudes bisa diakses dengan baik serta lancar dalam penggunaannya,” kata  
Kepala Diskominfo Kapuas, Hartoni U. Sawang S.IP,MM.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Budi Kurniawan,S.Sos,M.Si mengatakan bahwa aplikasi Siskeudes ini pada nantinya target penggunaanya adalah 214 desa atau seluruh desa yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Digelarnya kegiatan ini selain menjalankan amanah undang undang dan Siskeudes juga merupakan salah satu amanah dari MCP KPK, dimana dalam poin amaran tersebut salah satunya yang menjadi area intervensi pencegahan korupsi adalah tata kelola keuangan desa," kata Budi Kurniawan.

"Guna menjamin transparansi akuntabilitas pengelolaaan keuangan desa diwajibkan menggunakan aplikasi siskeudes berbasis online dengan server yang diletakan pada server pemerintah Daerah," papar Budi lagi.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama