Partisipasi Pemilu 2024 di Selat Kabupaten Kapuas Meningkat

Partisipasi Pemilu 2024 di Selat Kabupaten Kapuas Meningkat

PPK Selat bersama komisioner KPU Kapuas usai sosialisasi Pemilu 2024.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Angka partisipasi Pemilu 2024 di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, meningkat cukup signifikan, setidaknya itu tergambar di Kecamatan Selat ibukota kabupaten. 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Selat, Muhammad  Imron Rosikhin menuturkan, partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di PPK Kecamatan Selat mengalami kenaikan jika bandingkan angka partisipasi dalam Pemilu 2019.

Hal itu diketahui dari hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 yang selesai di laksanakan.

"Hal menarik Pemilu 2024 partisipasi masyarakat meningkat dari periode pemilu sebelumnya di Kecamatan Selat yaitu sekitar 78 persen," ungkap Imron, Jumat (1/3/2024).

Dikatakannya, di wilayah Kecamatan Selat ada 190 Tempat Pemungutan Suara atau TPS plus 1 TPS Loksus,  dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 51.257 sedangkan tingkat kehadiran pemilih di TPS mencapai 40.323.

Angka partisipasi ini menurut dia sesuai dengan target dan pencapaian itu karena kerja keras bersama, tidak hanya pihak KPU dan jajaran tetapi juga kalangan media, peserta pemilu dan masyarakat pemilih.

"Tentu ini tak luput dari upaya PPK Selat bersama PPS se-Kecamatan Selat terus melaksanakan soiasliassii Pemilu," imbuhnya.

Dengan kata lain peran serta semua elemen mulai dari melakukan sosialisasi yang gencar dari penyelenggara pemilu baik dari KPU, PPK, PPS dan KPPS.

Ditambah lagi peran serta pemerintah daerah yang ikut mendukung mensukseskan Pemilu.

"Komitmen menjaga pemilu yang transparan dan akuntable menjadi hal penting mengingat Kecamatan Selat menjadi barometer," katanya.

Ia mengatakan, tingginya partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 bagian dari suksesnya pesta demokrasi dan menunjukkan bahwa kehidupan berdemokrasi berjalan dengan baik di masyarakat.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama