Nunu: Insya Allah Aman, Orang Tua Jangan Khawatir Anaknya Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis

Nunu: Insya Allah Aman, Orang Tua Jangan Khawatir Anaknya Ikuti Operasi Bibir Sumbing Gratis

PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Hj Nunu Andriani menghadiri langsung kegiatan  Bhakti Sosial Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Langit-Langit. 

Pelaksanaan operasi yang dilaksanakan RSUD Pulang Pisau bersama pihak Smile Train Indonesia dipusatkan di ruang operasi RSUD daerah setempat, Sabtu (30/3/2024).

"Iya, kita hari ini melaksanakan program operasi bibir sumbing dan langit-langit secara gratis. Pesertanya ada 8 orang, terdiri 4 orang dari Pulpis sisanya dari Kabupaten Kapuas, Gunung Mas, Kotim dan Barsel," kata Nunu usai operasi berlangsung kepada puluhan wartawan di Pulang Pisau.

Pj Bupati Pulang Pisau menyebut, program operasi bibir sumbing dan langit-langit ini sangat membantu keluarga kurang mampu untuk mengoperasi anak dengan kelainan tersebut. 

Tentu, kata Nunu, dengan harapan, dapat memberikan semangat bermain bersama teman lainnya dan mengembalikan senyum mereka.

"Bagaimana pun mereka merupakan generasi-generasi bangsa. Jadi kami berpesan kalau ada anak-anak yang bibir nya sumbing jangan takut, malu atau minder untuk mengikuti operasi ini, karena ini bukan aib dan dokter nya pun sudah sangat berpengalaman," harapnya.

Menurutnya, program ini tak hanya mengubah senyum fisik anak-anak dan akan memberikan dampak kepercayaan anak pada masa yang akan datang, tetapi dapat menambah inspirasi dan kepercayaan diri menuju generasi yang lebih kuat, mandiri, dan penuh semangat berjuang bagi bangsa Indonesia.

"Kegiatan ini tentu akan membawa perubahan psikologis besar dalam kehidupan anak-anak yang terlahir dengan kelainan. Tari pun orang tua yang anaknya mengikuti operasi ini merasa senang, karena biaya operasi ini membutuhkan biaya sangat besar bahkan sampai ratusan juta. Makanya, dengan adanya program operasi gratis ini sangat membantu sekali," tuturnya.

"Dan, selama pelaksanaan operasi semua berjalan lancar. Karena selain pertolongan tuhan juga melalui perantara dokter-dokter spesialis bedah yang luar biasa, khususnya dokter RS DR Sutomo Surabaya," tambah Nunu didampingi Direktur RSUD Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo dan Kadis PUPR Pulang Pisau, pihak smile train dan para dokter senior lainnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama