Ketahanan Pangan, Hermanes: Bagian Vital dari Semua Sendi Ekonomi Masyarakat

Ketahanan Pangan, Hermanes: Bagian Vital dari Semua Sendi Ekonomi Masyarakat

BUNTOK - Ketahanan pangan merupakan bagian vital dari semua sendi ekonomi masyarakat. Ini juga sekaligus sebagai tolak ukur dari kesejahteraan rakyat.

Untuk itu, sektor pangan adalah sektor yang sangat penting untuk membangun daerah yang lebih maju dan berkembang. Sektor pangan tak lepas dari program-program pertanian.

"Kita harapkan pemerintah mengembangkan komoditas berbasis kawasan ekonomi yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan merupakan salah satu upaya untuk peningkatan produksi dan kelestarian lingkungan. Memanfaatkan lahan secara bijaksana, dan membuat cadangan air di lokasi pertanian," ucap Anggota DPRD Barito Selatan, Hermanes, Senin (18/3/2024).

Wakil rakyat ini mengajak agar dimulai dari yang kecil, yaitu memanfaatkan lahan pekarangan dengan gerakan tanam cepat panen, dengan menanam sayur-sayuran, memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian tanaman pangan.

Menurut dia, ini penting juga untuk melindungi lahan-lahan pertanian yang ada untuk ketahanan pangan agar bisa dikembangkan. Misal di wilayah pengembangan komoditas perkebunan, maka harus disediakan pula lahan untuk pertanian seperti di wilayah Kecamatan  yang banyak terdapat perkebunan kelapa sawit masyarakat.

“Nah bisa juga dikembangkan untuk pertaniannya dan juga perkebunan dengan jenis lain selain kelapa sawit yang dapat membantu ketahanan pangan di daerah,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama