Desa Jadi Lokasi Strategis Kembangan Sektor Pangan

Desa Jadi Lokasi Strategis Kembangan Sektor Pangan

BUNTOK - Desa merupakan lokasi yang strategis untuk mengembangkan sektor pangan dan meningkatkan pasokan pangan yang mencukupi bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut maupun sekitarnya.

"Untuk mencapai tujuan ini, pemeritah daerah Kabupaten Barito Selatan melalui dinas terkait harus mengembangkan program-program yang dapat meningkatkan produksi pangan didesa-desa," Oucap Anggota DPRD Barito Selatan, Hermanes, Rabu (20/3/2024). 

Menurut wakil rakyat ini, penguatan ketahanan pangan di desa tidak hanya akan berdampak pada ketersediaan pangan, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. 

Dengan adanya produksi pangan yang cukup, lanjutnya, harga pangan juga dapat stabil dan masyarakat desa bisa menjual hasil pertanian dengan harga yang lebih baik, serta memberikan kontribusi dalam menekan inflasi.

Ia menambahkan, pendampingan dan pelatihan kepada petani di wilayah desa juga sangat penting untuk mengoptimalkan potensi lahan dan meningkatkan produktivitas pertanian.

"Dalam upaya mendukung penguatan ketahanan pangan di desa, dinas terkait dapat mengalokasikan anggaran yang memadai dan melibatkan semua pihak terkait dalam kerjasama yang baik, termasuk petani dan masyarakat desa itu sendiri," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama