BPBD Kotabaru Sosialisasikan Penanganan Bencana di SMKN 1 Kotabaru

BPBD Kotabaru Sosialisasikan Penanganan Bencana di SMKN 1 Kotabaru

KOTABARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru menggelar sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana kepada siswa/i Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 1 Kotabaru, bertempat di ruang Sekolah SMKN 1 Kotabaru, Kamis (29/2/2024)

Kegiatan sosialisasi dihadiri Sekretaris BPBD Kotabaru Faisal Mahdi, Kabid penanggulangan bencana Lathifu Arsyiono, beserta Staf, perwakilan Dewan Guru SMKN 1 Kotabaru, dan siswa/i SMKN 1 Kotabaru.

Tujuan kegiatan sosialisasi tersebut mengenalkan cara penanggulangan bencana setelah terjadi bencana disekitar lingkungan, baik banjir, longsor, dan sebagainya.

Di kesempatan itu, Sekretaris BPBD Kotabaru, Faisal Mahdi didampingi Kabid penanggulangan bencana Lathifu Arsyiono menyampaikan, BPBD Kabupaten Kotabaru melaksanakan sosialisasi di SMKN 1 dalam memberikan edukasi kepada pelajar untuk mencegah kejadian musibah, diantaranya banjir, longsor atau gempa.

"Sehingga mereka dapat mengantisipasi sesuai dengan arahan-arahan yang telah diberikan oleh BPBD Kabupaten Kotabaru, sosialisasi ini juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar dilingkungan mereka tinggal," ujar Faisal. 

Ia menambahkan, apabila kejadian bencana apapun kita dapat segera mengantisipasinya, kegiatan ini ada beberapa sekolah yang ada di Kecamatan lain nantinya akan kita sasar.

"Terutama sekali daerah daratan Pulau Kalimantan, nanti kita berikan edukasi kepada pelajar dan masyarakat dengan tujuan yang sama, dalam hal terjadinya bencana kita dapat bergerak cepat dan sesuai dengan prosedur yang telah tentukan," ucapnya. 

Faisal mengatakan, untuk daerah yang rawan bencana akan kita sasar dan kita berikan kepada masyarakat yang didaerah terselisiasi sering terjadi bencana, seperti banjir, longsor serta kebakaran lahan (Karhutla) yang paling penting.

"Apalagi ditahun ini diperkirakan ada kenaikan suhu, sehingga sangat terjadi rawan kebakaran lahan," katanya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama