Wagub Kalteng Sampaikan Ini saat Membuka Pasar Penyeimbang di Laung Tuhup

Wagub Kalteng Sampaikan Ini saat Membuka Pasar Penyeimbang di Laung Tuhup

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat membuka Pasar Penyeimbang di Kecamatan Laung Tuhup.| foto : istimewa

PURUK CAHU - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo secara resmi membuka kegiatan Pasar Penyeimbang yang digelar di Halaman Kantor Camat Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya (Mura), Kamis (1/2/2024).

Wagub mengatakan, kedatangan jajaran Pemprov Kalteng ke Kabupaten Mura itu dalam rangka melihat langsung kondisi dan situasi paska banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. 

"Banjir itu fenomena alam yang harus kita waspadai. Kami hadir di sini agar ada rasa kebersamaan bahwa Pemerintah Provinsi juga melihat masyarakat kita yang ada di pedalaman Kabupaten/Kota," ujarnya. 

Kabupaten Mura, lanjutnya, memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah sehingga menaikkan pendapatan bagi Provinsi Kalteng. 

"Nanti Dinas/Badan Provinsi bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan dinas/badan Kabupaten Murung Raya dalam melaksanakan pembangunan. Kita berharap pembangunan tersebut dapat memberikan nilai manfaat untuk masyarakat," imbuhnya. 

Memasuki momen Pemilu 2024, Wagub berharap seluruh wilayah Kalteng tetap dalam suasana yang kondusif. 

"Semua orang mempunyai kebebasan dalam memilih, mari kita jaga agar semuanya aman dan lancar," ungkapnya. 

Wagub menambahkan, kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilisasi harga pangan agar tidak terjadi lonjakan. 

"Pada Pasar Penyeimbang ini tersedia paket sembako sebanyak 1000 paket senilai 200 ribu rupiah dan disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 150 ribu rupiah, sehingga masyarakat menebus dengan harga 50 ribu rupiah. Namun setelah kami diskusi, kami sepakat bahwa 50 ribunya kami subsidi lagi sehingga paket sembakonya gratis untuk masyarakat," bebernya. 

Sementara itu, Pj Bupati Mura, Hermon menyampaikan bahwa melalui kegiatan Pasar Penyeimbang ini maka inflasi di Kabupaten setempat bisa terkendali. 

"Kecamatan Laung Tuhup ini adalah kecamatan yang cukup besar dan sudah terbentuk sebelum Kabupaten Murung Raya berdiri. Laung Tuhup ini akan menjadi trans menuju ke IKN," jelasnya. 

Sebagai informasi, paket sembako pada Pasar Penyeimbang tersebut berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, susu 1 kaleng, teh 2 kotak, dan kopi 2 bungkus.[adv]

Lebih baru Lebih lama