Pemkab Barsel Gelar Musrenbang di 3 Kecamatan

Pemkab Barsel Gelar Musrenbang di 3 Kecamatan


BUNTOK - Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di 3 kecamatan, yakni Karau Kuala, Dusun Utara, dan Gunung Bintang Awai, mengakhiri seluruh rangkaian agenda Musrenbang kecamatan di Kabupaten Barito Selatan, Rabu (21/2/2024).

Disampaikan oleh Penjabat Bupati Barsel, H Deddy Winarwan, bahwa dukungan dan sinergitas yang baik dari kecamatan dan desa untuk mencapai tujuan bersama, di Barito Selatan yang lebih baik, maju, dan berdaya saing, sangat dibutuhkan.

"Saya berharap bahwa dalam  Musrenbang ini dapat menghasilkan masukan, usulan maupun saran-saran serta partisipasi masyarakat. Ini untuk mewujudkan proses perencanaan pembangunan yang lebih baik dan mewujudkan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Di tempat yang sama,  Administrasi Umum, Mirwansyah mengatakan, ada 50 usulan dari 18 desa di Kecamatan Dusun Utara, agar seluruh usulan dapat terealisasi setidaknya minimal 1 usulan.

"Dari setiap desa, sedangkan pekerjaan yang sudah dilaksanakan agar tetap diusulkan sampai pekerjaan rampung 100 persen," imbunya. 

Camat Gunung Bintang Awai, Yust Elgolan menyampaikan, 119 usulan yang telah disampaikan oleh 21 desa, semua usulan difasilitasi oleh pihak kecamatan. 

Karena Musrenbang tingkat kecamatan ini dilakukan sebagai salah satu tahapan perencanaan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Kepada para kepala desa, asisten Adum meminta untuk ikut bersama mengatasi masalah prioritas kabupaten, antara lain menurunkan kemiskinan ekstrem, persoalan stunting, dan pengendalian inflasi.

"Untuk diketahui Kecamatan Dusun Utara mendapat bantuan belanja hibah tahun 2023 yang diserahkan kepada rumah ibadah, sekolah, majelis-majelis, pesantren, MAN senilai Rp690 juta. Sedangkan jika dihitung dana untuk usulan pada tahun 2024 senilai Rp38 miliar lebih," pungkasnya.[harlianto/adv]

Lebih baru Lebih lama