DPMD dan Kejari Kapuas Teken Kerjasana untuk Pendampingan Pembangunan Desa

DPMD dan Kejari Kapuas Teken Kerjasana untuk Pendampingan Pembangunan Desa

PJ BUPATI Kapuas, Kajari Kapuas dan Kepala DPMD Kapuas usai acara penandatanganan 
Kerjasana untuk Pendampingan Pembangunan Desa.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalteng jalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kapuas untuk pendampingan dalam pelaksanaan program pembangunan desa, untuk seluruh desa yang ada di wilayah setempat.

Momen itu ditandai dengan penandatanganan  perjanjian kerjasama oleh Kepala DPMD Budi Kurniawan, S.Sos, M.Si dan Kepala Kejakasaan Negeri (Kejari) Kapuas, Lutchas Rohman, SH, MH di aula Rujab Bupati Kapuas, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi S, jajaran Kejari Kapuas, para camat dan kepala desa se-Kabupaten Kapuas.

"Dengan adanya kerjasama ini tentunya ini kita harapkan aparat pemerintah desa agar lebih mengetahui, bisa lebih belajar tentang pelaksanaan kegiatan program pembangunan yang ada di desa," kata Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi.

Lanjutnya, dengan adanya pendampingan dari aparat penegak hukum (APH) maka diharapkan para Camat, Kades hingga perangkatnya melek hukum dan aturan sehingga dapat mencegah terjadi pelanggaran hukum dalam melaksanakan berbagai program kegiatan pembangunan desa.

"Jadi jangan sampai Kades dan camat ini bergerak di luar koridor hukum. Tentunya kita harapkan dengan adanya pendampingan dari aparat penegak hukum dalam hal ini Kejari Kapuas yang nantinya bisa memberikan advis kepada kades dan perangkatnya," kata Erlin.

Dengan demikian, proses pembanguan desa dapat dikontrol tanpa penyimpangan dan dapat dirasakan manfaatnya untuk kepentingan masyarakat. 

"Sehingga nanti program-program yang ada di desa itu bisa lebih terarah, terukur dan sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku," pungkasnya.

Sementara, Kejari Kapuas, Lutchas Rohman menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pj Bupati yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

"Karena penguatan pembangunan sesuai program pemerintah berakar dari masyarakat desa. Nah penguatan ini kita harus dampingi, dimana agar  pembangunan itu lancar dan cepat terlaksana," kata Kajari Kapuas.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama