Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Tanjung Selayar Reakreditasi Tahun 2023

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Tanjung Selayar Reakreditasi Tahun 2023

KOTABARU - Reakreditasi Puskesmas Tanjung Selayar, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru, Kalsel digelar selama 3 hari. Ini dilakukan dalam upaya lercepatan peningkatan mutu fasilitas kesehatan, dan pelayanan. 

Kegiatan ini melibatkan Camat, unsur Forkopimca Tanjung Selayar, PT MSAM, beserta Tim Sorvieor dan Nakes Tanjung Selayar.

Kepala Puskesmas Tanjung Selayar, dr. Eddy Suprayitno, Rabu (6/12/2013) mengungkapkan, Puskesmas Tanjung Selayar menggelar Re-akreditasi selama 3 hari. Akreditasi ini bukan hanya Puskesmas Tanjung Selayar, tapi Puskesmas lainnya pun melakukan kegiatan yang sama dan ini sudah saatnya direakreditasi.

Edy mengatakan, reakreditasi Puskesmas semestinya dilakukan pada tahun lalu, karena saat itu masih dalam kondisi pandemi Covid-19, proses reakreditasi baru dilakukan tahun ini.

"Selaku Kepala Puskesmas Tanjung Selayar menyampaikan Akreditasi ini mendapatkan petunjuk teknisnya di tahun ini, maka dari itu dilakukan reakreditasi untuk semua Puskesmas," terangnya. 

Adapun pelaksanaan Re-akreditasi ini dimulai pada 6 hingga 8 Desember 2023, dihadiri langsung oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) Survayer Penilai dari LAMFI memaparkan beberapa indikator dan bab yang mesti dipenuhi, untuk tahun ini, dengan menggunakan lembaga independen yang sudah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, akreditasi terhadap Puskesmas perlu dilakukan. Sebab hal tersebut dapat menjadi tolak ukur mutu kualitas dan pelayanan sebuah Puskesmas, serta kerja di Puskesmas itu mesti kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, jadi tenaga kesehatan (nakes) harus menanam kebaikan agar tumbuh kebahagian. 

Dalam hal tersebut, Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) Tim Survayer (tim-penilai) LAMFI dari Surabaya dr I Made Subhawa Harsa, M.Si.,AIFOK.,A.P.Kom.,CH.,CHt, didampingi UKM Katini, S.St.,M.Kes mengucapkan terimakasih dan senang, bangga serta merasa terharu terhadap seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) Tanjung Selayar, terlebih lagi kepada Kepala Puskesmas Tanjung Selayar bersama Camat dan seluruh Unsur Forkofincam Tanjung Selayar, serta PT MSAM.

dr. I Made Subhawa Harsa juga mengatakan, akreditasi ini merupakan tolak ukur mutu kualitas dan pelayanan terhadap masyarakat, serta peningkatan sebuah puskesmas itu sendiri. 

"Kami berharap apa yang telah dilaksanakan ini agar seluruh tenaga kesehatan (nakes) Tanjung Selayar ini mendapat dukungan penuh dari seluruh unsur, Forkopimca, Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, dan masyarakatnya. Sekali lagi, aaya ucapakan selamat kepada Puskesmas Tanjung Selayar dan seluruh Unsur Forkopimca telah mendukung penuh serta memeberikan dukungan moral dan tenaga, untuk mensukseskan jalannya reakteditasi di Puskesmas Tanjung Selayar dan ternyata disini semuanya kompak saling mendukung dalam," tuturnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama