Orangutan Masuk Pemukiman Warga Paduran Sebangau, Katanya Akibat Kelaparan

Orangutan Masuk Pemukiman Warga Paduran Sebangau, Katanya Akibat Kelaparan

PULANG PISAU - Seekor orangutan asli Kalimantan tersesat di permukiman warga, tepatnya di lingkungan warga Desa Paduran Sebangau, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Peristiwa kemunculan satwa dilindungi itu masuk ke pemukiman warga sudah dalam sepekan ini dan terlihat jinak.

Atas kemunculannya hewan primata tersebut, warga menduga, akibat kelaparan karena makanan di habitat aslinya berkurang.

"Orangutannya sering muncul ke pemukiman warga sekitar jam 9 pagi dan sore hari sekitar jam 3," ujar salah seorang warga Sebangau Kuala, Abdullah (48) kepada awak media ini, Jumat (15/12/2023).

Abdullah Ia menyebut, orangutan yang muncul di pemukiman warga Paduran Sebangau ini hanya seekor dan tidak terlihat ganas. Bahkan saat muncul, lanjutnya, satwa itu hanya duduk dan tampak hanya mencari makanan di tanaman warga.

"Memang tidak menggangu warga, tetapi warga cukup merasa takut terlebih anak-anak mereka berlarian saat orangutan ke pemukiman warga," ujarnya.

Sementara saat dikonfirmasi awak media, Fungsional Pengendali Hutan BKSDA Kalteng, Nandang Hermawan mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi terkait kemunculan orangutan di pemukiman warga tersebut.

"Ya, saya dapat info juga. Kemungkinan Sabtu besok akan kmi cek ke lokasi, karena sekarang  tim kami lagi di lapangan atau ke lokasi kemunculan orangutannya," ujarnya singkat.[manan]

Lebih baru Lebih lama