Masuki Musim Hujan, BPBD Kotabaru Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Masuki Musim Hujan, BPBD Kotabaru Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

KOTABARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru melaksanakan apel kesiapsiagaan terhadap bencana bersama tim yang tergabung emergency, PMK, BPK, se- Kabupaten Kotabaru di halaman Gedung Mahligai Pemuda Kotabaru, Kamis (7/12/2023).

Kabid Penanggulangan Bencana, Latipu mengatakan, kegiatan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sehubungan Karhutla sudah selesai dan memasuki musim penghujan.

"Alhamdulillah, saat ini Kotabaru sudah memasuki musim penghujan, jadi kita BPBD Kotabaru mengumpulkan para rekan-rekan relawan pemadam kebakaran, Balakar se-Kabupaten Kotabaru untuk diberikan arahan memasuki musim penghujan," ujar Latipu.

Selain itu, para tim relawan Balakar melakukan gladi dan pelatihan bagimana cara menanggulangi bencana secara keseluruhan, kemudian diberikan materi bagaimana cara menindaklanjuti penanggulangan bencana.

"Kegiatan seperti ini perlu sinergitas antara pemerintah daerah dan unsur relawan masyarakat Kotabaru agar satu persepsi satu pemikiran bahwa masyarakat perlu bantuan, tidak hanya Pemerintah yang turun dari balakar juga turun ikut membantu langsung," ungkapnya. 

Kegiatan ini perlu sinergitas antara BPBD, pemerintah daerah dalam hal ini pemadam kebakaran dibantu oleh rekan-rekan relawan Balakar lainnya, agar menjadi satu pemikiran bahwa masyarakat memerlukan bantuan dalam penanggulangan bencana yang ada di Kotabaru.

"Saya berharap apabila nantinya di kemudian hari 
ada bencana, rekan-rekan relawan tanpa harus menunggu Pemerintah semua langsung terkordinir dan turun dalam membantu masyarakat kita yang terkena musibah," harapnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama