Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Hibah Ternak di Momen Hari Pahlawan 2023

Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Hibah Ternak di Momen Hari Pahlawan 2023

BATULICIN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu menyerahkan hibah ternak untuk pengentasan kemiskinan ekstrem.

Hibah tersebut diserahkan pada rangkaian Peringatan Hari Pahlawan tahun 2023, di Halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (10/11/2023).

Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Khollil Alydrus, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanah Bumbu Hairuddin menyerahkan langsung hibah berupa ternak sapi sebanyak 62 ekor untuk pengentasan kemiskinan ekstrem.

Kemudian, ternak itik sebanyak 1260 ekor dan kambing sebanyak 150 ekor kepada kelompok tani.

Serta bantuan hibah mesin tetas telur sebanyak 2 unit dan hibah usaha pemotongan ayam sebanyak 1 unit.

Sementara itu, pada peringatan Hari Pahlawan, Abah Zairullah bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pada Hari Pahlawan tersebut, Wakil Ketua 1 DPRD Tanbu Said Ismail Khollil Alydrus membacakan naskah pembukaan UUD 1945.

Sedangkan pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu, Eka Sapruddin.

Membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, Bupati Zairullah mengatakan Hari Pahlawan ke-78 mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Ia menagatakan semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat di lihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri.

“Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945 membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan,” katanya.

Semangat yang menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa untuk masa depan yang lebih baik.

“Mari bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” ungkapnya.

Usai upacara, rombongan Bupati dan Forkopimda Tanah Bumbu, serta lainnya melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Mattone Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.[ade]

Lebih baru Lebih lama