Di Tengah Kabut Asap, RSUD Pulang Pisau Siap Layani Kesehatan Masyarakat

Di Tengah Kabut Asap, RSUD Pulang Pisau Siap Layani Kesehatan Masyarakat

PULANG PISAU - Direktur (Dirut) BLUD RSUD Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo menyebut pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat, khususnya ditengah kabut asap yang terus melanda daerah akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kami dari pihak BLUD siap melayani kesehatan masyarakat saat menghadapi bencana kabut asap ini," ujar dr Mul sapaan akrab Dirut BLUD RSUD Pulang Pisau kepada awak media ini, Selasa (3/10/2023).

Ia mengatakan, untuk memperlancar proses pelayanan prima bagi kesehatan masyarakat pihaknya telah menyiapkan fasiltas sarana dan prasarana yang memadai, seperti kesiapan tenaga kesehatan, bahan-bahan medis, oksigen, tempat tidur bagi pasien ditambah dan khusus tenaga medis tadi tidak ad yang cuti.

"Saat ini kasus ISPA sudah meningkat dan didominasi oleh anak-anak. Kasusnya sendiri meningkat 20-30 persen, karena anak-anak ini lebih rentan terkena ISPA disaat bencana kabut asap akibat karhutla," ungkapnya.

Guna menghindari penyakit ISPA, dr Mul mengimbau agar menggunakan masker dan perbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan bergizi dan berimbang.

"Jadi, ini kami ingatkan ke masyarakat agar mewaspadai potensi penyakit ISPA. Dari itu, gunakan masker, perbanyak air minum kalau bisa minum air hangat jangan minum air es, dan kurangi berdagang malam," tukasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama