Berbasis Kompetensi, BLK Kotabaru Buka Kejuruan Operator Alat Berat

Berbasis Kompetensi, BLK Kotabaru Buka Kejuruan Operator Alat Berat

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Disnakertrans Kotabaru menggelar pembukaan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan operator alat berat dengan dana APBD Kotabaru tahap ke II tahun anggaran 2023 di aula BLK Kotabaru, Senin (16/10/2023).

Pelatihan dilaksanakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru yang diikuti sebanyak 80 orang peserta, terbagi di beberapa kejuruan seperti Kejuruan Operator Alat Berat, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Garmen Apparel dan Processing.

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs H Minggu Basuki saat membacakan sambutan Bupati Kotabaru menyampaikan, dunia ketenagakerjaan selalu dihadapkan pada masalah klasik, berupa kurangnya kesempatan kerja serta rendahnya produktifitas etos kerja dan kompetensi yang dimiliki pencari kerja.

"Sehingga menyebabkan pengangguran dan kalah bersaing dengan pencari kerja dari luar daerah, salah satu alternatif dengan solusinya meningkatkan keterampilan dan kompetensi para pencari kerja sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang diperlukan," ucapnya.

Dengan melalui pengembangan dan penyesuaian program pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Latihan Kerja ini, Pemkab Kotabaru melalui Disnakertrans bersama BLK Kotabaru.

"Untuk itu, saya berharap dalam melaksanakan pelatihan operator alat berat khususnya eksavator dan lodear ini dengan harapan setelah lulus pelatihan ini dapat direkrut oleh perusahaan untuk mengisi formasi kebutuhan operator alat berat dan tidak perlu lagi kiranya mendatangkan operator dari luar daerah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kotabaru, Sugian Noor mengatakan, seharusnya BLK Kotabaru ini mempunyai anggaran untuk pelatihan minimal 10 miliar agar bisa melatih 1000 orang peserta dalam satu tahunnya, karena Kotabaru merupakan penyangga IKN terdekat.

Sugian berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru agar bisa mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk mendukung sarana dan prasarana pelatihan di BLK.

BLK adalah salah satu cara dan solusi untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Acara pembukaan dihadiri Kepala Disnakertrans Kotabaru, Sugian Noor, Ketua Komisi I DPRD Kotabaru Gewsima Mega Putra, Direktur Politeknik Kotabaru, M. Rezki Oktavianoor, serta stakeholder dan pihak perusahaan lingkup Kotabaru dan para peserta pelatihan.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama