Tanggulangi Stunting, DKP3 Balangan Dorong Peningkatan Konsumsi Pangan B2SA

Tanggulangi Stunting, DKP3 Balangan Dorong Peningkatan Konsumsi Pangan B2SA

DKP3 Balangan gelar demo masak dapur B2SA.| foto : istimewa

PARINGIN - Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan mengatasi masalah stunting, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan gelar Demo masak dapur B2SA, di Aula Mayang Maurai Kecamatan Paringin, Senin (21/8/2023). 

Kepala DKP3 Balangan, Abdurahman Arrahimi melalui Kabid Ketahanan Pangan, Yulianti mengatakan, DKP3 telah mengambil langkah progresif dengan mempromosikan konsumsi pangan beragam, sehat, seimbang, dan aman (B2SA).

"B2SA memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan dengan cara membudidayakan berbagai jenis pangan yang masuk dalam campuran B2SA," jelasnya. 

Menurutnya, pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan yang sesuai dengan B2SA masih perlu ditingkatkan. 

Yulianti akan melakukan promosi yang lebih intensif tentang manfaat dan cara penerapan B2SA dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Bendahara TP-PKK Balangan, Hj Herlina Nasa'i menyebutkan, gerakan sadar konsumsi pangan B2SA bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan. 

"Ini harus diterapkan dalam menu makan sehari-hari, agar mempercepat konsumsi pangan masyarakat terutama untuk karbohidrat," ucapnya.

Ia juga mengajak untuk menjadikan pangan-pangan alternatif seperti singkong, jagung, labu/waluh, dan pisang sebagai bagian integral dari menu makan sehari-hari. 

"Dengan melakukan hal ini diharapkan bahwa masyarakat tidak hanya akan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan lebih baik, tetapi juga akan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan ketahanan pangan," pungkasnya. 

Diketahui dalam kegiatan tersebut dihadirkan narasumber dari Banjarmasin, salah satunya Chef Agus SasiranganSasirangan.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama