BLK Tanah Bumbu Kembali Gelar PBK Tahap III

BLK Tanah Bumbu Kembali Gelar PBK Tahap III

BATULICIN — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu kembali menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap III tahun 2023, di ruang Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati setempat, Rabu (2/8/2023).

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BLK Riza Akhyari mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di Tanah Bumbu.

Riza Akhyari menyampaikan pelatihan tahap ketiga ini, meliputi pelatihan pembuatan roti dan kue, menjahit pakaian wanita dewasa, desainer grafis muda, dan pemeliharaan kendaraan ringan system injeksi. 

Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini, untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang ada di Tanah Bumbu.

Oleh karna itu, lanjut Riza, melalui kegiatan PBK dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta dapat meningkatkan kesejahteraan bagi perekonomian masyarakat di Bumi Bersujud, guna mendukung misi pemerintah daerah dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia. 

Jumlah peserta yang mengikuti PBK sebanyak 64 orang dari berbagai kejuruan, yang nantinya setelah selesai mengikuti pelatihan selama 1 - 2 bulan akan mendapat sertifikat kompetensi.

"Ketika mereka sudah selesai mendapatkan sertifikat kompetensi, kita bisa polakan magang melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan," jelas Riza Akhyari.

Riza menambahkan, BLK juga rancang workshop bernama "Tanah Bumbu Techno Park" untuk lakukan pelayanan bisnis langsung kepada masyarakat bagi alumni PBK.

Tanah Bumbu Techno Park juga miliki program bernama "Lumbung Talenta" bagi alumni yang sudah bekerja maupun belum bekerja untuk berbagi pengalaman dan mengasah keterampilan.

Sementara itu, instruktur BLK Catur Tesa menyampaikan, PBK ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kerja berbasis kopetensi sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja.

Ia menambahkan, program ini bernama "Ujar Abah Belajar di BLK" yang merupakan inovasi untuk melahirkan para pekerja yang profesional, pekerja amanah, dan pekerja yang berkah.

Dalam kesempatan itu, peserta yang mengikuti pelatihan diberikan fasilitas seperti seragam, tas,  uang pembinaan, dan kartu BPJS Ketenagakerjaan.[ade]

Lebih baru Lebih lama