Bartim Expo 2023, Meriahkan Hari Jadi Bartim sekaligus Dirgahayu RI

Bartim Expo 2023, Meriahkan Hari Jadi Bartim sekaligus Dirgahayu RI

TAMIANG LAYANG - Bartim Expo 2023 resmi dibuka Bupati Barito Timur (Bartim), Dr Ampera AY Mebas, di Stadion Pati Anom, Tamiang Layang, Selasa (8/8/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk memperingati Hari Jadi ke-21 Kabupaten Bartim sekaligus memeriahkan Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia. Berbagai hiburan dan pameran turut meramaikan expo ini.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, saya ucapkan selamat datang kepada tamu undangan, seluruh tokoh, dan masyarakat Kabupaten Barito Timur pada pagelaran pameran Bartim Expo 2023 di sore hari ini. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Barito Timur Ke-21 dan HUT RI Ke-78," ucap Bupati dalam sambutannya. 

Kegiatan ini juga diikuti oleh unsur Pemerintah Daerah 29 SOPD, unsur Pemerintah Pusat 4 SOPD, 4 Bank, Organisasi Masyarakat 5 Unit, UKM Binaan 34 Unit, lainnya 5 (Komersil) 88 Unit. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung promosi perdagangan sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian Daerah terutama Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

"Saya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi rutinitas dan semoga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Barito Timur," harap Ampera.

Ia juga mendorong kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk lokal Kabupaten Barito Timur.

"Sudah seharusnya kita bangga dengan produk lokal Kabupaten Barito Timur, karena kualitasnya tidak kalah dari produk-produk lainnya. Jadi sudah seharusnya produk- produk UMKM bangkit dan menjadi raja di rumah sendiri," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ia sampaikan bahwa Pemkab Barito Timur senantiasa berupaya memberikan ruang-ruang publik bagi pelaku usaha dan UMKM agar dapat terus berdaya saing, dikenal luas oleh masyarakat, dan mudah- bersama, mudahan dapat mencapai cita-cita menjadikan Kabupaten Barito Timur yang “Maju dan Sejahtera".

"Saya ucapkan selamat menikmati Bartim Expo 2023 ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan kondusif," tutur Bupati seraya membuka acara. 

Sebelumnya, Sekretaris Daerah, Panahan Moetar, sekaligus selaku Ketua Panitia Bartim Expo dalam menyampaikan laporan dari sejumlah rangkaian kegiatan.

Peserta pameran UMKM terdiri dari 66 Pelaku UMKM dan 6 komunitas, seperti Komunitas Anggrek, Komunitas Bonsai, Komunitas Cemara, Komunitas Kreatif Dusun Tengah, Komunitas Binaan CU dan Komunitas Kreatif Jari Janang Dusun Timur.

Bartim Expo dan pameran UMKM ini dilaksanakan selama 21 hari, sejak 8 sampai dengan 28 Agustus 2023. Target perputaran omzet di expo ini sekitar Rp1 miliar.[siti]

Lebih baru Lebih lama