Webinar Nasional dan Konfercab IAI, Wabup Bartim Sampaikan Ini

Webinar Nasional dan Konfercab IAI, Wabup Bartim Sampaikan Ini

TAMIANG LAYANG - Terapkan hidup sehat dengan membiasakan diri dengan tidur berkualitas untuk tubuh sehat dan mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Wakil bupati (Wabup) Habib Said Abdul Saleh saat Webinar Nasional Bobok Yuk! Tidur Berkualitas Untuk Tubuh Sehat dan Konfercab Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Barito Timur (Bartim), di aula RSUD Tamiang Layang, Sabtu (10/6/2023).

Disebutkan bahwa tidur merupakan suatu kebutuhan fisiologis dasar manusia yang akan melakukan proses pemulihan untuk mengembalikan energi tubuh dan memberikan dampak pada status kesehatan fisik, mental serta koping setiap individu.

"Meskipun tidur sangat penting bagi tubuh, bagi sebagian orang justru sulit tidur, karena mereka dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur atau terbangun pada dini hari. Gangguan tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik," jelasnya.

Menurutnya, dari berbagai penelitian menunjukkan adanya hubungan antara gangguan tidur dengan gangguan imunitas tubuh. Dampak yang lain dari kekurangan tidur dapat terlihat pada berbagai aspek psikologis seperti terhadap mood.

"Banyaknya dampak dari gangguan tidur pada kesehatan menjadikan gangguan tidur sebagai topik pembahasan yang penting untuk dibicarakan. Mengingat gangguan tidur dapat terjadi pada berbagai usia," ungkapnya. 

Selain itu, Ia juga mengingatkan kepada tenaga kesehatan, utamanya profesi apoteker untuk dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat. 

"Karenanya, kami sangat membutuhkan dukungan dari bapak dan ibu para apoteker yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia, dan selaku Pemerintah kami tekankan agar para apoteker, benar-benar dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan tetap mengindahkan kode etik profesi," tegasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama