SDA Potensial, Pemerintah Daerah Harus Gencar Bangkitkan Perekonomian

SDA Potensial, Pemerintah Daerah Harus Gencar Bangkitkan Perekonomian

BUNTOK - Kabupaten Barito Selatan (Barsel) di Provinsi Kalimantan Tengah, disebut sangat kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), baik sektor pertambangan, perkebunan, pertanian, peternakan dan perikanan. 

Potensi semua itu, tentunya harus bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk kepentingan daerah dan masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Fakta ini setidaknya seperti disampaikan Anggota DPRD Barsel, Hermanes, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, apabila potensi SDA ini dikelola dengan optimal, Bumi Batuah tidak bakal bergantung dengan Kabupaten lain dalam hal memenuhi sebagian kebutuhan pangan daerah.

"Sering kali harga kebutuhan pangan ini mengalami kenaikan, itu karena diakibatkan barang-barang tersebut sering langka," ucap Hermanes.

Ia mengatakan, seharusnya potensi SDa yang dimiliki Barsel harus dapat dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri agar tidak selalu bergantung dengan provinsi dan kebupaten lain.

"Maka hal itu harus menjadi pembelajaran bagi pemerintah di provinsi ini, agar dapat lebih memaksimalkan apa yang ada pada daerah ini," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama