Pemkab Barsel harus Maksimalkan Program Ketahanan Pangan

Pemkab Barsel harus Maksimalkan Program Ketahanan Pangan

BUNTOK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan meminta pemerintah daerah memaksimalkan program ketahanan pangan, guna kemandirian pangan daerah.

Dalam hal pembangunan ketahanan, pangan dan kesejahteraan rakyat, Pemkab Barsel harus berani. 

"Hal ini tercermin dari alokasi anggaran, capaian pembangunan di sektor perkebunan, pertanian maupun perikanan," ucap Anggota DPRD Barsel, Raden Sudarto, Selasa (6/6/2023).

Menurut pria yang akrab disapa Haji Alex ini, Pemkab harus serius melaksanakan program ini tahap demi tahap hingga sampai kepada masyarakat supaya bisa menjadi nyata dan membantu menyejahterakan masyarakat sesuai tujuannya.

“Ketahanan pangan menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah. Upaya-upaya untuk mewujudkan hal itu sudah seharusnya dilaksanakan secara serius, termasuk di daerah,” tegasnya.

Keseriusan itu, tidak hanya semata melakukan imbauan kepada masyarakat, tetapi juga harus diwujudkan melalui program yang dijalankan pemerintah. Gambaran keseriusan itu dengan mudah terlihat pada keberpihakan program dan alokasi anggaran untuk ketahanan pangan.

" Sumber daya manusia (SDM) petani juga sudah cukup mumpuni, jika memang benar-benar digerakkan oleh pemerintah untuk meningkatkan sektor pertanian,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama