Antisipasi Kabut Asap, Karhutla Perlu Ditangani secara Dini

Antisipasi Kabut Asap, Karhutla Perlu Ditangani secara Dini

BUNTOK - Upaya pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sangat penting dilakukan sebelum musim kemarau tiba. Karena itu, sinergitas antara pemerintah daerah dengan pihak terkait lainnya seperti TNI, Polri, Basarnas dan organisasi kemasyarakatan, segera dilakukan.

Hal ini sangat urgen dilakukan agar saat musibah Karhutla terjadi dapat tertangani dengan optimal.

Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), HM Farid Yusran, Kamis (8/6/2023) mengatakan, bencana Karhutla perlu ditangani secara dini dan cepat agar kabut asap tidak terjadi lagi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan sekitarnya, terkhusus di Kabupaten Barsel.

"Kami selalu siap saja mendukung. Ini tentu untuk kebaikan daerah dan juga masyarakat secara umum," terang Farid, Kamis (8/6/2022).

Ia mengapresiasi upaya keras Pemkab Barsel bersama pihak terkait dal menanggulangi karhutla di Bumi Batuah. Dari tahun ke tahun Karhutla menurun berkat sinergitas dan ini patut dipertahankan.

"Bencana kabut asap ketika Karhutla terjadi tentu sangat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial ekonomi hingga kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, bencana Karhutla ini perlu ditangani secara dini dan cepat agar kabut asap tidak terjadi lagi," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama