Pemkab Pulang Pisau Gelar Apel Gabungan, Ini Kata Bupati Pulang Pisau

Pemkab Pulang Pisau Gelar Apel Gabungan, Ini Kata Bupati Pulang Pisau

PULANG PISAU - Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melaksanakan Apel Gabungan di Halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Selasa (02/5/2023).

Apel Gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang.

"Apel Gabungan ini sekaligus dirangkai dengan serta Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII dan Hari Pendidikan Nasional 2023," kata Bupati dalam sambutannya.

Dia menyebut, tema peringatan ke-27 Otonomi Daerah tahun ini adalah " Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul".

Sedangkan untuk ternama peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar".

"Jadi, kedua peringatan ini merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk melihat dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah pada masa yang akan datang," ujar Taty Narang sapaan akrab Bupati Pulang Pisau.

Dijelaskan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini bahwa kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme, penyelenggaraan pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah melalui pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri.

"Maksudnya penyelenggaraan pemerintah juga merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah, guna mendekatkan layanan kepada masyarakat meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka tujuan akhir, yakni kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Kemudian, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional diharapkan kepada seluruh pihak untuk melahirkan generasi berprestasi.

Dimana, masih kata Taty Narang, semangat Hardiknas tentu selaras dengan visi misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas dan berkarakter dengan memiliki semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

"Mari jadikan susana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme dan gotong-royong serta partispasi publik. Mengutip dari Menteri Pendidikan, "Mari kita semua para pendidik atau tenaga pendidik dan seluruh peserta didik dipenjuru Nusantara. Jadi, perjuangan harus kita teruskan agar anak bangsa dapat merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita," pintanya..
 
Sementara perlu diketahui, apel gabungan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, serta Pejabat Eselon III, IV, dan ASN lingkup Pemkab Kabupaten Pulang Pisau, serta para siswa siswi tingkat Sekolajh Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA).[manan]

Lebih baru Lebih lama