Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Tahun 2023 di Pulang Pisau

Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda Tahun 2023 di Pulang Pisau

PULANG PISAU - Kegiatan pembukaan pelatihan kewirausahaan tahun 2023, dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Jalan WAD Duha, Komplek Perkantoran Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (9/5/2023).

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng itu, berlangsung selama empat hari terhitung sejak pembukaan hari ini Selasa 9 hingga Jumat 12 Mei 2023.

"Acara pelatihan pada tahun ini kita laksanakan di Kabupaten Pulang Pisau. Para peserta semuanya orang Pulang Pisau yang tersebar di 8 kecamatan," kata Hamka Kadispora Kalteng kepada sejumlah awak media di Pulang Pisau.

Dia mengatakan, pengembangan kewirausahaan pemuda dilaksanakan melalui pelatihan, pemagangan, pembimbingan, pendampingan, kemitraan, promosi dan bantuan akses permodalan. Dimana, lanjutnya, salah satu aspek penting dalam pengembangan kewirausahaan , adalah pengetahuan dasar tentang apa yang ingin dikembangkan menjadi usaha produktif. 

Maka, melalui pelatihan adalah salah satu upaya pemerintah memfasilitasi pemuda dalam mengembangkan usahanya melalui kewirausahaan yang dikuasai. Adik-adik (para peserta) akan diajarkan teori dasar dan materi serta praktik. 

Sebutnya, pembangunan kepemudaan bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif,  mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan. 

Di antara sekian banyak tujuan pembangunan  pemuda di atas, tuturnya, tentu tanpa mengenyampingkan tujuan lainnya, pengembangan kewirausahaan pemuda dipandang sangat strategis dewasa ini, karena negara suka atau tidak suka harus berhadapan dan berperan aktif dalam persaingan global.

"Apalagi nantinya kita akan menyambut Bonus Demografi 2045. Maka dari itu, pemuda adalah aset potensial menghadapi persaingan bebas, yang harus dibina dan dikembangkan serta  difasilitasi oleh pemerintah," ungkap Hamka.

Pemerintah sangat memprioritaskan program kewirausahaan sebagai upaya untuk penyerapan pekerjaan baru. Hal ini merupakan bagian yang utuh untuk memajukan bangsa Indonesia.

Keseriusan pemerintah dalam program wirausaha muda ini dapat dicermati dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2011, tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda, serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan. 

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi Gubernur Kalimantan Tengah, yakni Kalimantan Tengah semakin berkah," ujar Hamka.

"Hal ini juga sejalan dengan ayat 2 pasal 27 Undang-Undang RI Nomor 40 tahun 2009, bahwa pengembangan kewirausahaan pemuda difasilitasi oleh pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan atau organisasi kepemudaan," katanya.

Dia berharap, melalui  pelatihan kewirausahaan ini akan didapatkan gambaran yang jelas tentang peluang usaha, serta tata cara mendapatkan permodalan sehingga adik-adik mampu membuat keputusan yang tepat ketika suatu saat terjun ke dunia usaha. 

"Saya tentu memberikan apresiasi atas kegiatan pelatihan kali ini kepada para peserta yang berusia 16 sampai 30 Tahun sebagai wujud komitmen pemerintah dalam pembinaan kepemudaan," tambahnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama